Perubahan Sosial Ekonomi Dari Petani Sawah Menjadi Petani Tebu Di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh M. Ridwan Said Ahmad dan Firdaus W. Suhaeb. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Andi, Nurman (2014) Perubahan Sosial Ekonomi Dari Petani Sawah Menjadi Petani Tebu Di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh M. Ridwan Said Ahmad dan Firdaus W. Suhaeb. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Andi Nurman. 2014.docx

Download (13kB)

ABSTRAK Andi Nurman. 2014. Perubahan Sosial Ekonomi Dari Petani Sawah Menjadi Petani Tebu Di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing oleh M. Ridwan Said Ahmad dan Firdaus W. Suhaeb. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui penyebab masyarakat petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, 2) Untuk mengetahui gambaran perubahan sosial ekonomi dari petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, dan 3) Untuk mengetahui dampak perubahan dari petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan penentuan informan maka peneliti menggunakan purposive sampling yang menentukan informan secara sengaja sesuai kebutuhan penelitian. Adapun yang menjadi informan yaitu masyarakat petani tebu di Desa Batulappa sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial ekonomi dari petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, meliputi rasa tidak puas dengan cara bertani sawah, kesadaran akan bertani sawah bukan lagi cara yang paling aman dalam bertani, karena permintaan dan penawaran dari pabrik gula, disebabkan oleh diterimanya informasi atau masukan dari luar, misalnya penyuluhan pertanian untuk menanam tebu demi memenuhi kebutuhan keluarga , 2) Gambaran perubahan sosial ekonomi dari petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, meliputi perubahan pola pikir, munculnya usaha tani modern, kondisi perumahan terus menerus diperbaiki, dan 3) Dampak perubahan sosiial ekonomi petani sawah menjadi petani tebu di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone, meliputi pola hidup yaitu pola konsumsi, kesehatan dan penggunaan teknologi seperti laptop dan handphone, bertambahnya pendapatan. Sedangkan dampak bagi petani yang tidak berhasil mereka mengalami kerugian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:26
Last Modified: 26 Apr 2016 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/413

Actions (login required)

View Item View Item