Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Regulasi Diri dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 2

Kharisma, Dian (2016) Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Regulasi Diri dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XII SMA Negeri 2. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
5. BAB I.docx

Download (35kB)
[img] Text
8. BAB IV.docx

Download (67kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan jenis penelitian expost facto yang merupakan penelitian untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang Tahun Ajaran 2015/2016 dengan sampel yaitu kelas XII IPA 2 dan XII IPS 1. Sample ditentukan dengan menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan empat jenis instrumen yaitu tes prestasi belajar matematika siswa program IPA dan IPS, kuesioner kecerdasan interpersonal, kuesioner regulasi diri, serta tes kemampuan berpikir logis.Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik yaitu statistik deskriptif dan analsis regresi berganda. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa prestasi belajar, kecerdasan interpersonal, regulasi diri dan kemampuan berpikir logis siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang dikategorikan sedang. Hasilpenelitian menunjukkan bahwa (1) kecerdasan interpersonal berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang, (2) regulasi diri berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang, (3) kemampuan berpikir logis berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang, (4) kecerdasan interpersonal, regulasi diri dan kemampuan berpikir logis secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang, dan (5) kecerdasan interpersonal merupakan variabel yang memberikan pengaruh paling besar terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XII SMA Negeri 2 Sengkang. Kata Kunci: Kecerdasan Interpersonal, Regulasi Diri, Kemampuan Berpikir Logis, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Nov 2017 02:23
Last Modified: 29 Nov 2017 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4117

Actions (login required)

View Item View Item