DAMPAK ORGANISASI PADA AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Organisasi IPPM Pangkep Koordinator UNM di Makassar). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Mustakim Nur Johar dan M.Ridwan Said Ahmad.

ADE, MASHURI.MS (2014) DAMPAK ORGANISASI PADA AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Organisasi IPPM Pangkep Koordinator UNM di Makassar). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Mustakim Nur Johar dan M.Ridwan Said Ahmad. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
A. reski ayu lestari M.D. 2014.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ADE MASHURI.MS, 2014. DAMPAK ORGANISASI PADA AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA (Studi Kasus Pada Organisasi IPPM Pangkep Koordinator UNM di Makassar). Skripsi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Mustakim Nur Johar dan M.Ridwan Said Ahmad. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong mahasiswa bergabung di organisasi serta dampak organisasi pada prestasi belajar mahasiswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa yang berorganisasi pada Organisasi IPPM Pangkep Koordinator UNM di Makassar Penelitian ini adalah studi kasus dengan tipe deskriptif, dan yang menjadi populasi adalah anggota IPPM Pangkep Koordinator UNM. Kemudian 15 mahasiswa yang diambil sebagai sampel, sehingga penelitian ini ditetapkan secara sengaja atau Non probability sampling atau sampel bertujuan, yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data dan tahap analisis data. Hasil penelitian ini berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan sebagai berikut:1).Yang mendorong mahasiswa bergabung di organisasi adalah ingin menambah pengalaman dan ilmu dalam berorganisasi, mengisi waktu luang, ingin menambah teman dan jaringan 2) dampak yang ditimbulkan organisasi pada aktivitas belajar yaitu : Dampak positif, berupa kenaikan prestasi (IPK), dikarenakan selama mengikuti organisasi banyak pengalaman dan ilmu-ilmu yang didapatkan yang dapat mereka terapkan dalam perkuliahan, kemudian adapun penurunan prestasi (IPK), disebabkan karena ketidakmampuan mahasiswa membagi waktu antara organisasi dan kuliah.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:25
Last Modified: 26 Apr 2016 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/411

Actions (login required)

View Item View Item