Perbandingan Keefektifan Pemanfaatan Media Audiovisual dengan Audio dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar

Andi Sri, Irmayanti (2012) Perbandingan Keefektifan Pemanfaatan Media Audiovisual dengan Audio dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Sri Irmayanti.doc

Download (28kB)

ABSTRAK Andi Sri Irmayanti, 2012. ”Perbandingan Keefektifan Pemanfaatan Media Audiovisual dengan Audio dalam Pembelajaran Menyimak Dongeng Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Hj. Sulastriningsih Djumingin dan Muh. Bachtiar Syamsuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan pemanfaatan media audiovisual dengan media audio dalam pembelajaran menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 26 makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif komparatif. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar yang berjumlah 202 orang yang terbagi ke dalam enam kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purpocive sampling (sampel purposif), artinya penentuan sampel dilakukan dengan cara sengaja oleh peneliti dengan jumlah yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan analisis. Dengan demikian, sampel dalam penelitian ini dikelompokkan atas dua kelompok, yaitu siswa kelas VII5 sebanyak 32 orang sebagai kelompok yang menggunakan media audiovisual, dan siswa kelas VII6 sebanyak 32 orang sebagai kelompok yang menggunakan media audio. Untuk mendapatkan data yang akurat dalam penelitian ini, digunakan tes sebagai instrumen penelitian. data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif ragam persentase dan teknik analisis eksperimen jenis uji t desain ketiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan siswa menyimak dongeng dengan mengunakan media audiovisual adalah 8,9. Sedangkan nilai rata-rata kemampuan menyimak dongeng siswa dengan menggunakan media audio adalah 7,1. Hasil perbandingan koefisien nilai rata-rata siswa (thitung) antara penggunaan media audiovisual dengan audio adalah sebesar 3,21 lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 0,05 yaitu 1,67. Oleh karena thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 0,05, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima. Dengan demikian, keefektifan pemanfaatan media audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menyimak dongeng siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan agar: (1) keseriusan siswa dalam pembelajaran menyimak dongeng sangat penting untuk mengembangkan daya ingat, pengapresiasian serta interpretasi.; (2) dalam mengajarkan bahasa Indonesia, guru seharusnya menggunakan media yang bervariasi agar siswa lebih tertarik dalam belajar, salah satu media yang perlu digunakan adalah media audiovisual; (3) untuk meningkatkan kemampuan guru, orang-orang yang terkait dengan dunia pendidikan agar memberikan pelatihan-pelatihan yang berkala kepada guru-guru disekolah; (4) peneliti yang hendak menggunakan media audiovisual hendaknya memilih sub pelajaran yang lain yang lebih menarik bagi siswa dan diarahkan kepada Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:48
Last Modified: 25 Apr 2016 06:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/41

Actions (login required)

View Item View Item