Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing Oleh Firdaus W. Suhaeb dan Zainal Arifin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar.

ABDUL, RASYID (2014) Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing Oleh Firdaus W. Suhaeb dan Zainal Arifin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ABDUL RASYID, 2014..docx

Download (11kB)

ABTRAK ABDUL RASYID, 2014. Partisipasi Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Skripsi. Dibimbing Oleh Firdaus W. Suhaeb dan Zainal Arifin, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. 2) faktor-faktor yang berpengaruh pada partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriftif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan menggunakan teknik sampling yang dalam penelitian ini bersifat purposive sampling, yaitu suatu penentuan informan berdasarkan tujuan atau pertimbangan tertentu yakni mereka yang dianggap berkompeten untuk menjawab pertanyaan peneliti. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua, guru/pengajar, kepala sekolah dan kepala Desa Malimongeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk partisipasi orangtua dalam pendidikan anak usia dini (PAUD) di Desa Malimongeng Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone yaitu, mengikutkan anaknya dalam program PAUD, kontribusi pemikiran, tenaga, waktu dan dana untuk peningkatan mutu pendidikan, menjalin komunikasi yang baik dengan pengajar/pendidik PAUD dan memberi motivasi serta kepedulian terhadap pendidikan anak, 2) faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi orangtua yaitu: a) tidak ada waktu untuk jaga anak, orangtua tidak punya waktu untuk mengurus anak terutama mengantar dan menjemput anak di sekolah, b) faktor geografis masyarakat yang tinggal diperbukitan memiliki jarak yang cukup jauh dari sekolah dan tidak memiliki kendaraan sehingga sulit menempuh perjalanan, c) faktor ekonomi, keadaan ekonomi keluarga ini telah menyita dan membuang energi orang tua untuk hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari dan perhatian mereka tidak terpusat untuk terlibat menolong anak pada proses pendidikannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:25
Last Modified: 26 Apr 2016 07:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/409

Actions (login required)

View Item View Item