Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Musdaliah Mustadjar dan Hj. Chamsiah Ishak. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Erni, Irmayanti Hamzah (2014) Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Musdaliah Mustadjar dan Hj. Chamsiah Ishak. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Erni Irmayanti Hamzah.docx

Download (20kB)

ABSTRAK Erni Irmayanti Hamzah. 2014. Sistem Sekolah Berasrama (Boarding School) Dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa Di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Skripsi. Dibimbing oleh Hj. Musdaliah Mustadjar dan Hj. Chamsiah Ishak. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang dan proses pembinaan pada sistem sekolah berasrama (boarding school) dalam membentuk karakter disiplin siswa di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yang digunakan yaitu bagian dari sekolah (kepala sekolah, guru, karyawan serta siswa), mengetahui tentang situasi dan kondisi sekolah serta masa pengabdian minimal satu setengah tahun di sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif yaitu melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan karakter disiplin di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang dengan sistem boarding school sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari tebentuknya sikap-sikap disiplin yang tinggi dalam menjalani tugas dan kewajiban dengan baik sesuai peraturan yang ada baik dalam lingkungan sekolah maupun diluar sekolah. Proses pembinaan di SMA Negeri 11 Unggulan Pinrang memiliki unsur pembentukan kedisiplinan didalamnya yakni diantaranya pembelajaran regular, kegiatan ektrakulikuler, kegiatan belajar malam, bimbingan keagamaan, bimbingan ujian nasional, bimbingan olimpiade, student day, pertukaran pelajar dan study tour.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:24
Last Modified: 26 Apr 2016 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/405

Actions (login required)

View Item View Item