Tawil, Muhammad (2006) Implementasi Asesmen Portofolio dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi: Majalah Ilmiah Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 5 (2). pp. 170-180. ISSN 1412-2138
|
Text
Asesmen Portofolio HB.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Validasi Ases_Portofolio.docx Download (517kB) |
Abstract
Abstrak Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) fisika siswa dan respon siswa terhadap penerapkan asesmen portofolio dalam pembelajaran fisika di kelas X SMA Negeri 1 Sungguminasa tahun ajaran 2003/2004. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari beberapa tahap yaitu : perancangan, pelaksanaan dan observasi, refleksi dan revisi. Data yang diperoleh berupa data kualitatif dan data kuantitatif, data-data tersebut dianalisis secara statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan: (1) penerapan Asesmen portofolio pada pembelajaran fisika pada materi optik geometris di kelas X Negeri 1 Sungguminasa hasil belajar (aspek kognitif, afektif, dan psikomotor) siswa mengalami peningkatan yang cukup berarti setiap siklusnya; (2) respon siswa terhadap impelementasi asesmen portofolio dalam pembelajaran fisika dan terhadap perangkat pembelajaran (RPP, Buku siswa, LKS, dan Suplemen asesmen portofolio) adalah positif. Kata kunci : Asesmen portofolio, hasil belajar fisika.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 10:59 |
Last Modified: | 21 Nov 2017 01:49 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3981 |
Actions (login required)
View Item |