Tawil, Muhammad (2005) Kemampuan Penalaran Formal dan Lingkungan Pendidikan Keluarga Dikaitkan dengan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Sungguminasa. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 14. pp. 1047-1068. ISSN 0215-2673
|
Text
Penalaran Formal dan Lingkungan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
Validasi Lingkungan.docx Download (515kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang kelas X SMAN I Sunguminasa Kabupaten Gowa dalam hal ini (1) hasil fisika, (2) kemampuan penalaran formal; (3) profil lingkungan pendidikan keluarga; (4) apakah kemampuan penaralaran formal mempunyai pengaruh positip yang signifikan terhadap hasil fisika siswa, (5) apakah lingkungan pendidikan keluarga mempunyai pengaruh positip yang signifikan terhadap hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil fisika belajar termasuk dalam kategori sedang, (2) Penaralaran formal termasuk dalam katagori awal formal, (3) profil lingkungan pendidikan (a) sebagian besar mempunyai tempat belajar di rumah tetapi tidak memadai; (b) waktu belajar di rumah sekitar 3 jam per hari, (c) orang tua pernah menanyakan keadaan belajar dan memberi bantuan dalam menyelesaikan masalah pelajaran, (d) mendapatkan hadiah/pujian dari orang tuanya bila mereka berprestasi di sekolah, (e) pendidikan orang tua pada umumnya minimal lulus lulus SMA (Ayah) dan lulusan SLTP (ibu), (4) kemampuan penalaran formal berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil fisika, dan (5) lingkungan pendidikan keluarga tidak berpengaruh positif yang signifikan terhadap hasil fisika. Kata Kunci: Pendidikan Formal, lingkungan Pendidikan Keluarga, hasil belajar fisika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 10:55 |
Last Modified: | 19 May 2023 12:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3980 |
Actions (login required)
View Item |