Tawil, Muhammad (2008) Pengaruh Penalaran Formal Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas II SMP 1 Sungguminasa. Jurnal nasional tidak terakreditasi: Pendidikan dan Kebudayaan (070). pp. 79-100. ISSN ISSN 0215-2673
|
Text
Penaralaran Formal dan Hasil Belajar.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Validasi Penalaran.docx Download (499kB) |
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bersifat expost-facto yang bersifat korelasional dan bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar hasil belajar fisika siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa; (2) seberapa tingkat penalaran formal siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa; dan (3) apakah kemampuan penalaran formal mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap hasil belajar fisika siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa Kabupaten Gowa . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SLTP Negeri I Sungguminasa tahun ajaran 2005/2006, sedangkan sampel penelitiannya sebanyak 80 siswa dipilih dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang dipergunakan adalah tes kemampuan formal dan tes hasil belajar fisika. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh : (1) kemampuan penalaran formalnya siswa masih termasuk dalam tahap awal formal, (2) hasil belajar fisika siswa masih tergolong rendah, dan (3) secara signifikan kemampuan penalaran formal berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci : penalaran formal, hasil belajar
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:14 |
Last Modified: | 19 May 2023 12:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3976 |
Actions (login required)
View Item |