Tawil, Muhammad (2011) Pembelajaran Berbasis Simulasi Komputer pada Topik Pengertian Gelombang untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional . Membangun Masyarakat Melek sains yang Berbudaya dan berkarakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sains. pp. 19-25. ISSN 978-602-99075-0-6
|
Text
Simulasi Komp_Gelombang.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
sertifikat_gelombang.pdf Download (146kB) | Preview |
|
Text
Validasi Gelombang.docx Download (478kB) |
Abstract
Abstrak. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dan untuk mengetahui respon mahasiswa dan respon dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan disain penelitian Pre-Test Post-Test Control Group Design. Hasil penelitian ditemukan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa pada topik gelombang dengan kategori rendah, respon mahasiswa dan dosen terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada topik gelombang positif serta mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif, topik gelombang, respon mahasiswa, respon dosen
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 08:00 |
Last Modified: | 19 May 2023 12:18 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3972 |
Actions (login required)
View Item |