Tawil, Muhammad (2012) Model Pembelajaran Sains Berbasis Portofolio. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan sains 2012. Perkembangan Penelitian Sains dan Pendidikan Sains Menuju Kemandirian Bangsa Indonesia. pp. 480-482. ISSN 2089-5828
|
Text
Proseding_Model Pemb_Portofolio.pdf Download (592kB) | Preview |
|
Text
Validasi Mod_Portofolio.docx Download (478kB) |
Abstract
Abstrak: Penelitian betujuan untuk menemukan suatu model pembelajaran fisika berbasis portofolio. Jenis penelitian adalah penelitia pengembangan dengan menggunakan model Plomp (1997) yang terdiri dari lima tahap, yaitu: 1) tahap pengkajian awal, 2) tahap perancangan, 3) tahap realisasi/konstruksi, 4) tahap tes, evaluasi dan revisi, dan 5) tahap implementasi. Untuk menilai kualitas Model PFBP digunakan kriteria Nieveen (1999), yaitu memenuhi validitas, praktisibilitas, dan efektivitas. Hasil penelitian ditemukan bahwa 1) Rerata nilai kevalidan isi buku Model PFBP adalah 4,2 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabiltas 0,97 dan rerata nilai kevalidan konstruknya 4,3 termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabiltas 0,99 dan 2) perangkat pendukung model PFBP, yakni a) rerata nilai kevalidan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 4,1 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,98; b) rerata nilai kevalidan Lembar Kegiatan Siswa 4,1 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,96; c) rerata nilai kevalidan Portofolio 4,2 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,97; d) rerata nilai kevalidan Buku Petunjuk Guru 4,3 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,98; e) rerata nilai kevalidan Buku Pedoman Siswa 4,4 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,96; f) rerata nilai kevalidan Bahan ajar siswa 4,2 yang termasuk dalam kategori tingkat kevalidan sangat tinggi dengan reliabilitas 0,98; dan 3) rerata nilai keterlaksanaan Model PFBP menurut para ahli 4,2 yang termasuk dalam kategori dapat dilaksanakan di sekolah. Kata Kunci: Pembelajaran sains berbasis portofolio
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 07:48 |
Last Modified: | 19 May 2023 12:17 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3969 |
Actions (login required)
View Item |