Tawil, Muhammad (2012) Pengembangan Program Simulasi Komputer Berbasis Visual Basic Application Pada Perkulihan Gelombang dan Optika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika. Jurnal nasional tidak terakreditasi: JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA, 8 (1). pp. 55-64. ISSN 1858-330X
|
Text
VBA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
Validasi VBA.docx Download (518kB) |
Abstract
Abstract. The Development of Computer Simulation Program Based of Visual Application on Wave and Optic Subject to Enhance Students’ skills on Creative Thinking. This studi aimed to increase creative thinking skills prospective teachers on the topic of wave and optical physics and to study the response of physics teacher candidates on a computer simulation based learning. Study how the characteristics of problem-basesd learning on the computer simulation matter wave in enhancing creative thinking skills of prospective teachers of physics? The research method used was a mixed methods research designs Embedded Experimental Model. The results found that there was an increase creative thinking of prospective teacgers on the topic wave physics in the high category and physics teacher candidate responses to learning based on computer simulation of matter wave is very positive as well as prospective physics teachers have no difficulty in following this learning. Keywords: computer simulation, creative thinking skill, the topic of wave, the response physics teacher candidate. Abstrak. Pengembangan Program Simulasi Komputer Berbasis Visual Basic Application Pada Perkulihan Gelomang dan Optika Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Calon Guru Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika pada topik gelombang dan untuk mengetahui respon calon guru fisika terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer. Masalah penelitian bagaimana karakteristik pembelajaran berbasis simuasi komputer pada materi gelombang dan optika dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika.? Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan disain penelitian Model Experimental Embedded. Hasil penelitian ditemukan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berpikir kreatif calon guru fisika pada topik gelombang dengan kategori tinggi dan respon calon guru fisika terhadap pembelajaran berbasis simulasi komputer pada materi gelombang sangat positif serta calon guru fisika tidak mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran ini. Keywords : simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif, topik gelombang, respon calon guru fisika
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 14 Nov 2017 07:43 |
Last Modified: | 23 May 2023 08:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3968 |
Actions (login required)
View Item |