PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MAHASISWA

Muhammad Tawil, - (2014) PEMBELAJARAN BERBASIS SIMULASI KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERFIKIR KREATIF MAHASISWA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20 (1). pp. 100-106. ISSN 0215-9643

[img]
Preview
Text
JIP_terakreditasi_Simulasi Komp_Kreatif.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Validasi Kreatif.docx

Download (503kB)

Abstract

Abstract: Computer simulation-based learning to improve creative thinking skills of students. This study aimed to determine the category of improving the students’ creative thinking skills. The study involved 76 students of physical education, State University of Makassar. The data were collected using tests of creative thinking skills, and analyzed using by N-gain test. The results show that the students who complete a computer simulation based learning haves on average N–gains creative thinking skills were better than students who participant in the conventional teaching. The students with computer simulation based learning were better in five indicator of creative thinking skills than those with conventional teaching. The students taking a computer simulation based learning material were better in three sub-quantum physics than those in the conventional teaching and learning. Keywords: computer simulations-based learning, creative thinking skills Abstrak: Pembelajaran berbasis simulasi komputer untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kreatif mahasiswa dengan pembelajaran berbasis simulasi komputer. Subjek adalah 76 mahasiswa Fisika FMIPA Universitas Negeri Makassar. dalam kelas control dan kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan tes keterampilan berpikir kreatif, dan dianalisis dengan uji N-gain. Keempat submateri fisika kuantum yang dibelajarkan adalah radiasi termal, efek fotolistrik, efek Compton dan partikel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang mengikuti pembelajaran berbasis simulasi komputer memiliki rerata N-gain keterampilan berpikir kreatif yang lebih tinggi dibanding pad pembelajaran konvensional. Mahasiswa memiliki rerata N-gain yang tinggi pada lima indikator keterampilan berpikir kreatif, sedangkan pada pembelajaran pembelajaran konvensional memiliki rerata N-gain sebesar untuk semua indikator keterampilan berpikir kreatif tergolong rendah. Mereka memiliki rerata N-gain yang tinggi untuk keterampilan berpikir kreatif, pada 3 submateri fisika kuantum yang dibelajarkan, sementara pada pembelajaran konvensional rerat N-gain yang sama pada semua submateri yang dibelajarkan tergolong rendah. Kata kunci: Pembelajaran berbasis simulasi komputer, keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Nov 2017 06:01
Last Modified: 19 May 2023 13:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3959

Actions (login required)

View Item View Item