Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Drama Melalui Pemanfaatan Media Video pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kabupaten Bone

Andi Rahmah, Amal (2012) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Drama Melalui Pemanfaatan Media Video pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Rahmah Amal.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Andi Rahmah Amal. 2012 “Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Unsur Drama Melalui Pemanfaatan Media Video pada Siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kabupaten Bone”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Rapi Tang, dan Sulastriningsih Djumingin). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil kemampuan mengapresiasi unsur drama melalui pemanfaatan media video pada siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tellu Siattinge Kabupaten Bone yakni membimbing siswa untuk menentukan unsur intrinsik drama dengan menyimak video drama. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data penelitian ini adalah data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa Kelas VIII-A SMP Negeri 2 Tellu Siattinge dengan jumlah 30 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data tes yang diberikan pada akhir siklus, pedoman observasi, dokumentasi, wawancara. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif meliputi tahap menelaah data, reduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan hasil penelitian sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan mengapresiasi unsur drama mengalami peningkatan baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Proses pembelajaran mengapresiasi unsur drama siklus I kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Guru belum memaksimalkan penggunaan media video pada pembelajaran mengapresiasi unsur drama dan memberikan penguatan terhadap siswa. Proses pembelajaran siklus II lebih efektif dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I seperti perbaikan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terutama pada langkah-langkah pembelajaran dan memaksimalkan penggunaan media video pada pembelajaran mengapresiasi unsur drama. Pada siklus II, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran mengapresiasi unsur drama dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, siswa tampak aktif dalam pembelajaran mengapresiasi unsur drama melalui media video. Hasil pembelajaran pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai siswa secara keseluruhan sebesar 63% sedangkan nilai pada siklus II sebesar 74% dengan persentase peningkatan 11%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:47
Last Modified: 25 Apr 2016 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/39

Actions (login required)

View Item View Item