Kemampuan Menulis Puisi Baru dalam Bahasa Makassar dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar

Sary, Resky Amelia (2016) Kemampuan Menulis Puisi Baru dalam Bahasa Makassar dengan Menggunakan Media Audiovisual Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Lampiran 1.docx

Download (18kB)
[img] Text
Lampiran 5.docx

Download (1MB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar. Penelitianiniadalahpenelitian yang bersifatdeskriptifkuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 367 orang dengan penyebaran sebelas kelas. Dalampenelitianini, penelitimenggunakanteknikcluster random sampling. Penarikansampeldilakukandenganmengundinamakelas yang terdiridari sebelas kelas sehinggadidapatkansatusampel,yaitusiswakelas VIII-Isebanyak 33 orang darijumlahpopulasi. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan tes sebagai instrumen penelitian. Data yang telah diteliti kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar dikatergorikan belum mampu karena Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang memperoleh nilai 76 ke atas tidak mencapai 80%. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa dari 33 siswa yang dijadikan sampel, tidak ada siswa (0%) yang memperoleh nilai 76 ke atas, sebaliknya 33 siswa (100%) memperoleh nilai di bawah 76. Nilai tertinggi diperoleh siswa adalah 67 yang dicapai oleh 1 orang (3%) dan nilai terendah adalah 8 yang dicapai oleh 1 orang (3%). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Makassar tidak mampu menulis puisi baru dalam bahasa Makassar dengan menggunakan media audiovisual. Saran dalam penelitian mengenaimenulispuisibarudalambahasa Makassarterusdilakukansehinggakemampuansiswadalammenulispuisilebihmeningkatsehinggamemunculkan proses kreatifsiswadalammenuliskaryasastrautamanayamenulispuisi yang harusdilakukansejakdini, utamanyadalampembelajaranmenulispuisi di sekolah. Kata Kunci: Kemampuan menulis puisi baru, bahasa Makassar, dan media audiovisual.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: Dewey Decimal Classification > FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 07:19
Last Modified: 06 Nov 2017 07:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3826

Actions (login required)

View Item View Item