PENGARUH KEPRIBADIAN, PERSEPSI TENTANG IKLIM KELAS DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PANGKAJENE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

BAHAR, HARTINI (2016) PENGARUH KEPRIBADIAN, PERSEPSI TENTANG IKLIM KELAS DAN GENDER TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PANGKAJENE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel.docx

Download (36kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh kepribadian, persepsi tentang iklim kelas dan gender terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri di Kota Pangkajene Kabupaten Sidenreng Rappang tahun ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 1 Pangsid, SMP Negeri 2 Pangsid, SMP Negeri 3 Pangsid, SMP Negeri 5 Pangsid dan SMP Negeri 6 Pangsid dengan keseluruhan sampel 191 siswa. Instrumen yang digunakan adalah angket kepriadian, angket persepsi tentang iklim kelas dan tes prestasi belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial dengan menggunakan analisis regresi campuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kepribadian siswa rata-rata 69,49, skor ideal 120 dan standar deviasi 9,82, persepsi tentang iklim kelas dengan rata-rata 75,95, skor ideal 130 dan standar deviasi 11,04, siswa perempuan lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki, prestasi belajar siswa dengan rata-rata 76,53, skor ideal 100 dan standar deviasi 8,61; (2) kepribadian berpengaruh negatif dan signifikan teradap prestasi belajar matematika (3) persepsi tentang iklim kelas tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika; (4) gender tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika; (5) interaksi kepribadian dan persepsi tentang iklim kelas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar matematika; (6) interaksi kepribadian dan gender tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika; (7) interaksi peresepsi tentang iklim kelas dan gender tidak memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar matematika. Kata Kunci : Kepribadian, Persepsi, Iklim Kelas, Gender, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:50
Last Modified: 06 Nov 2017 06:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3821

Actions (login required)

View Item View Item