Analisis Keterlaksanaan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas X MIA1 SMAN 3 Takalar.

Hamrin, Astry Ayu (2016) Analisis Keterlaksanaan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta Didik Kelas X MIA1 SMAN 3 Takalar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
12. BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
16. BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitianinimerupakanpenelitiankualitatif yang bertujuanuntukmendeskripsikan keterlaksanaan penerapan pembelajaran matematika menggunakan model PBL. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas X MIA1 SMAN 3 Takalar, serta perangkat yang digunakan guru, dalam hal ini RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Data diperoleh menggunakan instrumen penelitian yakni peneliti sendiri yang dibantu dengan instrumen lain berupa lembar observasi yakni lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta observasi terhadap RPP guru, serta pedoman wawancara untuk guru dan peserta didik. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa, 1) Pembelajaran dengan model PBL yang dilaksanakan oleh guru belum optimal, masih terdapat fase-fase pembelajaran yang sulit dilaksanakan, 2) Guru masih cenderung lebih aktif dalam pembelajaran, yakni masih banyak menggunakan waktu untuk menjelaskan materi kepada peserta didik, 3) Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran terkesan monoton dan tidak dinamis, 4) Aktivitas peserta didik dalam merespon pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya baik, dan 5) RPP yang telah dibuat oleh guru hampir memenuhi semua kriteria yang terdapat pada Permendikbud No. 59 Tahun 2014, PMP Matematika Peminatan SMA/MA, akan tetapi tidak diaplikasikan secara optimal oleh guru. Kata Kunci:Model PBL, Pembelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:24
Last Modified: 06 Nov 2017 06:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3817

Actions (login required)

View Item View Item