Kendala yang Dihadapi Guru Matematika dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Takalar.

Rahmawati, Rahmawati (2016) Kendala yang Dihadapi Guru Matematika dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Takalar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I1.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V2.docx

Download (20kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh guru matematika dalam proses belajar mengajar di sekolah menengah atas kabupaten Takalar dan upaya apa yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah 3 orang guru matematika yaitu guru matematika SMAN 1 Takalar, guru matematika SMAN 2 Takalar, dan guru matematika SMAN 3 Takalar.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Data yang diperoleh dari subjek penelitian kemudian diolah, disajikan dalam bentuk tabel, dan dilakukan verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa: (1) Kendala yang dihadapi guru dalam perencanaan pembelajaran yaitu waktu yang kurang untuk menyiapkan perangkat pembelajaran di rumah, kesulitan dalam merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran terutama untuk RPP kurikulum 2013; (2) Kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanan proses pembelajaran yaitu guru mengalami kesulitan dalam mengatur siswa yang memiliki karakter yang beragam, jumlah siswa dalam satu kelas yang banyak, penerimaan materi yang lambat karena pemahaman dan daya tangkap siswa terhadap materi masih kurang, media pembelajaran yang tersedia di sekolah kurang memadai serta penggunaan metode pembelajaran yang cenderung monoton; (3) Kendala yang dihadapi oleh guru dalam melakukan evaluasi yaitu masih banyak siswa yang belum mencapai KKM, kebanyakan siswa malu untuk mengungkapkan pendapatnya, dan siswa sudah bingung jika soal-soal yang diberikan sudah dimodifikasi dengan angka-angka yang berbeda; (4) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut antara lain guru melakukan persiapan yang mantap sebelum mengajar, berusaha untuk mengenali karakteristik siswa, berusaha mengajar dengan metode yang bervariasi dan inovatif agar siswa tidak jemu sehingga tertarik untuk mempelajari matematika. Selain itu, guru juga menyarankan agar jumlah siswa dalam satu kelas tidak terlalu banyak, sekitar 20-32 orang saja agar pembelajaran di kelas mudah dikelola. Kata Kunci: Kendala, Proses belajar mengajar, Guru matematika ABSTRACT Rahmawati, 2016. The Constraints of Mathematics Teachers in the Process of Teaching and Learning at Senior High School Takalar District. Thesis. Department of Mathematics. Faculty of Mathematics and Science. State University of Makassar. This research was aimed to obtain information about the constraints faced by mathematics teacher in teaching and learning process in senior high school Takalar district and the effort should be done to overcome the constraints. The research method used was descriptive qualitative. Subjects of this research are 3 teachers of mathfrom SMAN 1 Takalar, SMAN 2 Takalar and SMAN 3 Takalar.To collect data, there are two techniques which are observation and interview. The data was obtained from subject of research being analyzed, tabulated, verified and concluded. Based on the research findings showed that: (1) The constraints was faced by teacher in planning before teaching i.e limited time to prepare learning devices in their home and difficulties in formulating indicators and learning objectives especially for Lesson plan K-13; (2) The constraints was faced by teacher in implementing learning process i.e difficulty to organize students who have various of character,to many students in a classroom, lesses understanding and comprehending of material because of low acceptance, insufficient learning media provided in the schools and the use of teaching methods tend to be monotonous; (3) The constraints faced by teacher in evaluation i.e there are still many students who have not reached the KKM, most of students are shy to express their opinion, and students are confused when the problems were given has been modified with different numbers; (4) Efforts should be made to overcome the constraint i.e teacher have been done steady preparation before teaching, attempted to identify the characteristics of students, attempted to teach with various and innovative methods so that students are not tired and interested to learn about mathematics. In addition, teachers also suggested that the number of students in a class are not too much, about 20-32 people so learning process in the classroom manageable. Key Word: Constraints, teaching and learning process, mathematics teacher

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 03:46
Last Modified: 06 Nov 2017 03:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item View Item