Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keampuan Bernalar Matematika dan Kaitanya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Majene Kabupaten Majene.

SUNIAR, UMMI (2016) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keampuan Bernalar Matematika dan Kaitanya dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Majene Kabupaten Majene. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (22kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas, dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa dari kelas VIII SMP Negeri 3 Majena tahun ajaran 2015/2016 yang dipilh dengan menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument: (1) angket motivasi berprestasi, (2) angket kecemasan belajar, (3) tes kemampuan penalaran matematika, dan (4) tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan stastistika inferensial dengan metode analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama intelgensi berada pada kategori diatas rata-rata, motivasi berprestasi berada pada kategori sedang, kecemasan belajar berada pada kategori rendah, kemampuan bernalar berada pada kategori kurang baik dan prestasi belajar berada pada kategori sangat rendah. Kedua, intelgensi tidak berpengaruh langsung terhadap kemampuan bernalar matematika, motivasi berprestasi berpengaruh langsung terhadap kemampuan bernalar matematika dan kecamasan belajar tidak berpengaruh langsung terhadap kemampuan bernalar matematika. Ketiga, intelgensi tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, motivasi berprestasi tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika, kecamasan belajar tidak berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika dan kemampuan bernalar matematika berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar matematika. Terakhir, intelgensi tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui kemampuan bernalar matematika, motivasi berprestasi berpengaruh tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui kemampuan bernalar matematika dan kecamasan belajar tidak berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui kemampuan bernalar matematika. Kata Kunci: Faktor-faktor Psikologis, Intelegensi, Motivasi Berprestasi, Kecemasan Belajar, Kemampuan Bernalar Matematika, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:18
Last Modified: 06 Nov 2017 02:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3776

Actions (login required)

View Item View Item