Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Terhdap Permsalahan Geometri ditinjaudari Gaya KognitifSiswaSmpNeg 4 Sungguminasa.

Syam, Andi Rostina (2016) Deskripsi Kemampuan Representasi Matematis Terhdap Permsalahan Geometri ditinjaudari Gaya KognitifSiswaSmpNeg 4 Sungguminasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa terhadap permasalahan geometri ditinjau dari gaya kognitif. Instrumen dari penelitian ini berupa tes GEFT dan tes kemampuan representasi matematis.Hasil dari penelitian ini menunjukkan karakteristik atau bentuk representasisiswaterhadappermasalahangeometri. Kemampuan representasi subjek dengan gaya kognitif field independent (FI) a) subjek FI merepresentasikan permasalahan dengan gambar (representasi visual) sehingga nampak ide penyelesaian permasalahan, mampu menjelasakan informasi informasi yang diketahui denga jelas b)subjek FI menggunakan representasi simbolik dengan memodelkan informasi yang diperoleh atau dengan kata lain membuat persamaan matematika, c) subjek FI merepresentasikan jawaban yang diperolehnya dengan kata-kata (representasi verbal).Kemampuan representasi subjek dengan gaya kognitif field dependent (FD) a) subjek FD merepresentasikan permasalahan secara simbolik dan verbal untuk masalah persegi panjang dalam membuat model matematika untuk soal tersebut benar namun untuk perubahan soal dalam konteks yang sedikit berbeda FD tidak dapat memahami.b) subjek FD melaksanakan ide dan menyelesaikan soal secara simbolik, dengan ekspresi matematis dan mebuat model matematika. Kata kunci: gaya kognitif,geometri, kemampuan representasimatematis,

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:14
Last Modified: 06 Nov 2017 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3773

Actions (login required)

View Item View Item