Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang

Agustini, Besse Nurul (2016) Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (34kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar MatematikaSiswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 231 siswa. Sampel penelitian sebanyak 70 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster proportional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan empat instrumen, yaitu tes potensi akademik, tes kemampuan berpikir divergen, angket kemandirian belajar dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan menggunakan statistika deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Pengolahan data dilakukan dengan bantuan program statistik SPSS. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan bahwa potensi akademik dan kemandirian belajar siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang dikategorikan tinggi. Sedangkan kemampuan berpikir divergen dan prestasi belajar matematika siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sengkang dikategorikan sedang. Hasil analisis statistika inferensial menunjukkan bahwa potensi akademik secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,584 tetapi pengaruh tidak langsung melalui kemandirian belajar berpengaruh negatif sebesar -0,169. Kemampuan berpikir divergen secara langsung berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,257 tetapi pengaruh tidak langsung melalui kemandirian belajar berpengaruh negatif sebesar -0,313. Kata Kunci: Potensi Akademik, Kemampuan Berpikir Divergen, Kemandirian Belajar, Prestasi Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Nov 2017 02:11
Last Modified: 06 Nov 2017 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3770

Actions (login required)

View Item View Item