Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Memori Semantik Pada Siswa SMP Negeri 30 Makassar.

Adi Putra, Hidayatullah (2014) Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Peningkatan Memori Semantik Pada Siswa SMP Negeri 30 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Mkassar.

[img] Text
Adi Putra Hidayatullah.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Adi Putra Hidayatullah. 2014. Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan memori semantik pada siswa SMP Negeri 30 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain penelitian randomized matched two group design. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes prestasi dengan jenis soal melengkapi (completion test). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.1 Archimedes SMP Negeri 30 Makassar yang berusia antara 13-14 tahun (n=42) dan dibagi ke dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Kapasitas kemampuan memori partisipan dalam penelitian dikontrol dengan menggunakan Tes Memori Indonesia (TMI). Analisis data dalam penelitian menggunakan uji t-test independent sample. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh positif terhadap peningkatan memori semantik pada siswa SMP Negeri 30 Makassar, dengan nilai uji t = -2,430, p = 0,020. Penelitian ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kemampuan memori dengan menggunakan media pembelajaran audio visual dan dapat dijadikan bahan rujukan untuk penelitian lebih lanjut tentang media pembelajaran maupun memori semantik. Kata kunci: Media Pembelajaran Audio Visual, Memori Semantik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI > BF Psychology
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Apr 2016 07:18
Last Modified: 26 Apr 2016 07:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/374

Actions (login required)

View Item View Item