Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif untuk meningkatkan daya matematis dan keterampilan sosial

JAPAR., JAPAR. (2016) Pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif untuk meningkatkan daya matematis dan keterampilan sosial. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (79kB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimana gambaran pembelajaran matematika di MTs. Pada saat ini dan bagaimana memperoleh model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan daya matematis dan keterampilan sosial?.” Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran pembelajaran matematika di MTs. pada saat ini dan untuk memperoleh model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan daya matematis dan keterampilan sosial melalui suatu proses pengembangan. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (Research and Development). Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah sebuah model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif (model PBMSK)) untuk meningkatkan daya matematis dan keterampilan sosial yang valid, praktis, dan efektif. Pengembangan model PBMSK dilakukan secara bersama-sama dengan pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan model beserta pengembangan instrumen yang berkenaan dengan model dan perangkat pembelajaran. Proses pengembangan model pembelajaran matematika berbasis masalah setting kooperatif (model PBMSK) mengacu pada teori pengembangan Plomp (1999). Fase-fase pengembangan yang ditempuh yaitu (a) fase investigasi awal, (b) fase perancangan, (c) fase realisasi, (d) fase pengujian, evaluasi, dan revisi, dan (e) fase implementasi. Pembelajaran model PBMSK mengacu pada : (a) sintaks model PBMSK (b) sistem sosial model PBMSK, (c) prinsip reaksi model PBMSK, dan (d) sistem pendukung model PBMSK, dan (e) dampak instruksional dan pengiring model PBMSK. Selanjutnya berdasarkan penilaian ahli dan praktisi model PBMSK dinyatakan valid dan siap diujicobakan. Hasil- hasil yang dicapai yaitu: (a) model PBMSK dinyatakan praktis, karena hampir semua aspek dalam komponen model PBMSK terlaksana seluruhnya, dan (b) model PBMSK dinyatakan efektif, karena ketuntasan belajar klasikal telah tercapai, aktivitas sesuai yang diharapkan, kemampuan guru mengelola pembelajaran sangat baik, dan respons siswa terhadap pembelajaran sudah positif, serta keterampilan sosial siswa telah meningkat. Dengan demikian pengembangan model PBMSK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Oleh karena itu, tujuan memperoleh model PBMSK yang berkualitas telah tercapai. ABSTRACT JAPAR . Developing mathematics learning model of problem-based cooperative setting to improve mathematical and social skills (Supervised by Promoter H Alimuddin Mahmud as well as Copromoter H. Soli Abimanyu, and H. Nurdin Arysad) The research problem "how is the learning of mathematics in MTs at this time and how to obtain the cooperative setting problem-based mathematical learning model validly , practically , and effectively to enhance the mathematical power and social skills ?. " While the purpose of this study is to determine the condition of learning mathematics in MTs at this time and for obtaining the cooperative setting problem- based mathematical learning model validly, practically, and effectively to enhance the mathematical power and social skills through a process of development. This research method used was research and development developed by Borg & Gall . The desired product in this study is a mathematical model of problem-based learning and cooperative learning (PBMSK model) to improve mathematical power and social skills validly, practically, and effectively. PBMSK model development is jointly conducted with the development of learning devices that conform to the model along with the development of instruments which is related to to the model and learning devices. The process of developing a mathematical model of cooperative setting problem-based learning (PBMSK model) refers to the development of the theory of Plomp (1997). Development phases are taken : (a) initial investigation, (b) design, (c) realization, (d) testing, evaluation, and revision, and (e) implementation. The learning used in PBMSK model refers to: (a) syntax PBMSK model, (b) social system PBMSK model, (c) principles of reaction PBMSK model, and (d) support system PBMSK model. Furthermore, based on expert judgment and practitioners PBMSK model is validly stated and then tested . The achieved results are: (a) PBMSK model expressedly practical , since almost all aspects of the PBMSK model components implemented in full and (b) PBMSK model is effectively declared, because classical completeness has been reached, as expected activity, the teacher 's ability to manage learning very well, and the students' response to learning has been positive,with the student social skill be promoted . So the development of PBMSK model has met the valid , practical and effective criteria . Therefore, the aim of obtaining PBMSK model has been fulfilled.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:55
Last Modified: 03 Nov 2017 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3709

Actions (login required)

View Item View Item