Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 3 Makassar

Andi, Musdalifah (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 3 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI MUSDALIFAH.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ANDI MUSDALIFAH. 2012. “Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Teknik Latihan Terbimbing pada Siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 3 Makassar.” Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Andi Wardihan dan Hajrah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kualitas proses pembelajaran dan peningkatan hasil pembelajaran menulis surat dinas dengan teknik latihan terbimbing pada siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 3 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Data penelitian ini adalah data proses pembelajaran dan data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa Kelas VIII7 SMP Negeri 3 Makassar dengan jumlah 30 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data proses penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif sedangkan data hasil pembelajaran dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kemampuan menulis surat dinas mengalami peningkatan baik dalam proses pembelajaran maupun hasil pembelajaran. Proses pembelajaran menulis surat dinas siklus I kurang memuaskan dan suasana kelas kurang kondusif. Guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran secara maksimal. Guru belum memaksimalkan usaha dalam memotivasi dan memberikan penguatan terhadap siswa. Hasil pembelajaran menulis surat dinas pada siklus I sebesar 64.76% masih dalam kategori cukup. Proses pembelajaran siklus II lebih efektif dan memuaskan setelah dilakukan perbaikan terhadap masalah pada siklus I. Pada siklus II, guru melaksanakan kegiatan pembelajaran menulis surat dinas dengan baik. Hal tersebut juga berpengaruh pada proses aktivitas siswa dalam pembelajaran. Pada siklus II siswa lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, dan tampak aktif dalam menulis surat dinas. Rata-rata nilai pada siklus II sebesar 84.55% termasuk dalam kategori baik. Hasil pembelajaran dengan memperhatikan enam aspek penilaian meliputi mengidentifikasi sistematika surat, menentukan bagian-bagian surat, menulis surat dinas (kejelasan isi surat, pilihan kata, tata bahasa, ejaan dan tanda baca) juga meningkat. Rata-rata nilai siswa secara keseluruhan pada siklus I sebesar 64.76 sedangkan nilai pada siklus II sebesar 84.55 dengan persentase peningkatan 19.79%. Sesuai dengan hasil penelitian ini diajukan saran, yaitu bagi guru Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya di tingkat SMP dapat menggunakan teknik latihan terbimbing untuk membelajarkan kemampuan menulis surat dinas. Selain itu bagi guru bidang studi lain dapat mengadaptasi teknik pembelajaran ini dalam membelajarkan mata pelajaran lain kepada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:47
Last Modified: 25 Apr 2016 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item