Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Bugis Melalui Model Problem Based Instruction Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.

KUSMAWAR, KUSMAWAR (2016) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Bahasa Bugis Melalui Model Problem Based Instruction Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
11. Bab 1.docx

Download (19kB)
[img] Text
17. Bab 5.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi bahasa Bugis dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil pembelajaran menulis karangan narasi bahasa Bugis melalui model Problem Based Instruction siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Sinjai Selatan Kabupaten Sinjai.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif bentuk penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Sinjai Selatan sebanyak 22 orang. Sumber data guru dan siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peningkatan yang signifikan dalam proses pembelajaran maupun dalam hasil pembelajaran. Suasana kelas tampak kondusif, dan siswa tampak lebih antusias dan termotivasi mengikuti pembelajaran, saling bekerja sama dalam kelompok dan tampak aktif dalam menulis karangan narasi bahasa Bugis; (2) memberikan penguatan terhadap penelitian yang telah dilakukan sebelumnya menggunakan metode pembelajaran secara umum; dan (3) dengan menggunakan Problem Based Instruction menunjukkan bahwa sekalipun penelitian ini dilakukan dengan setting penelitian yang berbeda baik dari segi waktu, lokasi, maupun subjek penelitian, ternyata hasilnya sama yaitu mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam proses dan hasil pembelajaran. Sesuai hasil penelitian ini disarankan kepada guru, hendaknya dapat mengenalkan model Problem Based Instruction kepada guru lain sebagai model yang digunakan dalam pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa daerah sehingga dapat membantu siswa lebih giat berlatih menulis karangan narasi bahasa Bugis agar dapat menentukan ide atau gagasannya di dalam sebuah karangan sehingga kemampuan dalam menulis karangan lebih meningkat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Nov 2017 02:07
Last Modified: 03 Nov 2017 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item