EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT PADA KELAS X SMA NEGERI 7 MAKASSAR

HASYIM, RIZKI HARDIANINGSIH (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN APTITUDE TREATMENT INTERACTION (ATI) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT PADA KELAS X SMA NEGERI 7 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL RIZKI HARDIANINGSIH HASYIM.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear dan Kuadrat pada kelas X SMA Negeri 7 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design, yaitu One-Group Pretest Posttest Design. Satuan eksperimen pada penelitian ini adalah kelas X pada SMA Negeri 7 Makassar yang teridi dari kelas X.1 sampai X.11 sebanyak 352 siswa, sampel penelitian yakni kelas X.4 yang terdiri dari 31 siswa dan kelas X.5 yang terdiri dari 33 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Kedua kelas diberi perlakuan yang sama yaitu dengan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) pada pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar, lembar observasi, dan lembar angket. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Makassar setelah penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat lebih dari 72,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas X SMA Negeri 7 Makassar signifikan dan berada pada kategori sedang, hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 7 Makassar setelah diajar melalui penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat melebihi ketuntasan klasikal 80%; 2) aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat lebih dari 70% waktu ideal aspek pengamatan aktivitas siswa; 3) respons siswa terhadap model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat berada pada kategori positif; 4) motivasi siswa terhadap model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat berada pada kategori tinggi. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum model pembelajaran Aptitude Treatment Interaction (ATI) efektif diterapkan dalam pembelajaran sistem persamaan linear dan kuadrat pada siswa kelas X SMA Negeri 7 Makassar. Kata kunci: Aptitude Treatment Interaction (ATI) ABSTRACT RIZKI HARDIANINGSIH HASYIM. 2016. Effectiveness of Learning Model Aptitude Treatment Interaction (ATI) in Learning Systems Linear and Quadratic Equations In Class X SMAN 7 Makassar. (Supervised by Tiro M. Arif and Muhammad Darwis). This study is am to determine the effectiveness of the application of learning models Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system Linear and Quadratic Equations in grade X SMAN 7 Makassar. This type of research is an experimental research. The study design used is Pre-Experimental Design, namely the One-group pretest posttest design. Unit experiments in this study were class X SMAN 7 Makassar teridi of class X.1 to X.11 as many as 352 students, the study sample X.4 class consisting of 31 students and X.5 class consisting of 33 students selected by simple random sampling technique. Both classes are given the same treatment that is by learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI) on the learning system of linear and quadratic equations. The data collection technique used is the achievement test, observation sheets, and sheets questionnaire. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential statistical analysis. The results showed that: 1) the results of learning math class X SMAN 7 Makassar after learning model application Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system of linear and quadratic equations over 72.9 (KKM), mathematics learning outcome (value gain ) class X SMAN 7 Makassar significant and middle category, the results of studying math class X SMAN 7 Makassar after being taught through the application of learning models Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system of linear and quadratic equations exceed the classical completeness 80%; 2) the activity of students with learning model application Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system of linear and quadratic equations than 70% over ideal time observation aspect of student activity; 3) The student's response to the learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system of linear and quadratic equations are in positive category; 4) motivation of students towards learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI) in the learning system of linear and quadratic equations at the high category. Based on the criteria of effectiveness, in general learning model Aptitude Treatment Interaction (ATI) effectively applied in teaching system of linear and quadratic equations in class X SMAN 7 Makassar. Keywords: Aptitude Treatment Interaction

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:29
Last Modified: 02 Nov 2017 07:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3670

Actions (login required)

View Item View Item