EFEKTIVITAS PENERAPAN ICARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 MAKASSAR

RAHMATIAH, RAHMATIAH (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN ICARE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 22 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Artikel Rahmatiah.docx

Download (45kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 22 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen (Pre Eksperimental Research). Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar yang terdiri dari enam kelas paralel dan yang menjadi sampel adalah kelas VIII.6 yang terdiri dari 35 siswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belaja siswar, data aktivitas siswa, dan data respon siswa. Data dianalisis menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 22 Makassar setelah penerapan pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik lebih dari 77,9 (KKM), peningkatan hasil belajar matematika (nilai gain) siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 22 Makassar signifikan dan berada pada kategori tinggi, hasil belajar matematika siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 22 Makassar setelah diajar menggunakan pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik secara deskriptif mencapai ketuntasan klasikal sebesar 88,57%; 2) aktivitas siswa pada pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik berada pada kategori sangat aktif; dan 3) respons siswa pada pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik berada pada kategori positif. Berdasarkan kriteria keefektifan, secara umum pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik efektif dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas VIII.6 SMP Negeri 22 Makassar. Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran ICARE dengan pendekatan saintifik, pembelajaran matematika. ABSTRACT The research aimed to discover the effectiveness of ICARE learning using scientific approach in mathematics learning of class VIII.6 students at SMPN 22 in Makassar. The research was Pre-Experimental Research. The design of the research was One-Group Pretest Posttest Design. The populations of the research were all of the students in class VIII at SMPN 22 in Makassar consisted of six parallel classes. The class as the sample was class VIII.6 with the total of 35 students chosen by using simple random sampling technique. The data collection consisted of data of the students’ learning result, data of students’ activity, and data of students’ response. The data of the research was analyzed by using descriptive statistic and inferential statistic analysis. The result of the research revealed that: 1) mathematics learning result of the students in class VIII.6 at SMPN 22 in Makassar after implementing ICARE learning using scientific approach was more than 77.9 (Minimum Completeness Criteria), the improvement of mathematics learning result (gain score) of the students in class VIII.6 at SMPN 22 in Makassar was significant and in high category, mathematics learning result of the students in class VIII.6 at SMPN 22 in Makassar after implementing ICARE learning using scientific approach descriptively reached classical completeness by 88.57%;2) the students’ activity in ICARE learning using scientific approach was in active category; and 3) the students’ response to ICARE learning using scientific approach was in positive category. Based on the effectiveness criteria, in general, the ICARE learning using scientific approach was effective in mathematics learning of class VIII students at SMPN 22 in Makassar. Keywords: Effectiveness, ICARE Learning using scientific approach, mathematics learning

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:26
Last Modified: 02 Nov 2017 07:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3669

Actions (login required)

View Item View Item