KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT DENGAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MIA MAN PANGKEP

HERMAWATI, SRI (2016) KOMPARASI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN TIPE NHT DENGAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS X MIA MAN PANGKEP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Hermawati.docx

Download (566kB)

Abstract

ABSTRAK Penilaian dan Hasil belajar merupakan bagian dari perencanaan maupun pelaksanaan proses pembelajaran. Namun perencanaan, pelaksanaan dan prosedur penilaian dalam pembelajaran matematika sering terabaikan sehingga sikap siswa terhadap pembelajaran matematikabernilai negatif sehingga hasil belajar siswa sangat rendah. Upaya mengubah sikap siswa yang negatif terhadap pembelajaran matematika dengan pemilihan model pembelajaran kooperatif tipe tim sederhana dengan penilaian autentik. Oleh karena itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah model pembelajaran kooperatif STAD dan NHT dengan penilaian autentik efektifditerapkan dalam pembelajaran matematika di kelas X MIA MAN Pangkep?” Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian eksperimen dengan dua jenis perlakuan. Penelitian ini akan membandingkan hasil perlakuan dua model pembelajaran yakni model kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD)pada kelas X MIA 2 dan tipeNumbered Heads Together(NHT) pada kelas X MIA 1. PopulasidalampenelitianiniadalahseluruhSiswa kelas X MIA MAN Pangkep tahun pelajaran 2015/2016.Teknikpengambilansampel yang digunakandalampenelitianiniadalah Cluster Random Sampling.Data yang dikumpulkanData aktivitas Guru, Data aktivitas Siswa, Data Hasil Belajar, dan data sikap kerjasama siswa.Data aktivitas Guru, Data aktivitas Siswa dan data sikap kerjasama siswa dianalisis menggunakan analisis Deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division(STAD)dalam pembelajaran matematika materi peluangpada kelas X MIA 2 ditinjau dari aspek: (a) rata-rata hasil belajar siswa pada posttest lebih besar dari 69,9 (KKM), siswa yang memperoleh nilai < 70 sebanyak 4 atau 10,53% sedangkan siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 34 atau 89,47% . (b) rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3(kategori sedang), (b) Hasil analisis ketuntasan kelas > 0,799.Hasil analisis deskriptif dan inferensial menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together(NHT) pada kelas X MIA 1 dalam pembelajaran matematika materi peluang ditinjau dari aspek: (a) rata-rata hasil belajar siswa pada posttest lebih besar dari 69,9 (KKM), siswa yang memperoleh nilai < 70 sebanyak 7 atau 20% sedangkan siswa yang memperoleh nilai >70 sebanyak 28 atau 80% . (b) rata-rata skor gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3(kategori sedang), (b) Hasil analisis ketuntasan kelas > 0,799.Disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan NHT efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika dan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tidak sama dengan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. ABSTRACT Assesment and the study result are part of planning and implementation of learning process. However, planning, implementation and assesment procedure in learning mathematic often neglected so the student’s attitude toward mathematic learning is negative so the result of the student in studying is very low. Effert to change the student’s attitude mat’s negative toward mathematic learning by choosing cooperative simple team with authentic assesment. Therefore, the problem statement in this research is “ Is the cooperative learning model STAD and NHT with authentic assesment effective tobe applied in mathematic learning in class X MIA MAN Pangkep ? ”. This research is categorized as experimental research with two kinds of treatment. This research will compare the result of the treatment of two model of learning nomely cooperative learning model type STAD in class X MIA 2 and type NHT in class X MIA 1. Population in class X MIA 2 and type NHT in class X MIA 1 MAN Pangkep in academic year 2015/2016. Technicue of taking comples that is used in this research is Cluster Random Sampling. Data that’s collected Data of teacher activity, Data of student’s activity, and data of student cooperative attitude. Data of teacher activity, data of student’s activity and data of student cooperative attitude are analyzed by using descriptive analysis whereas the result of the student achievement analyzed by usig descriptive analysis and differential analysis. The result of descriptive and inferential analysis show that the implementation of cooperative learning model type STAD and NHT in learning mathematic with material “ Peluang” (chance/opportunity) in class X MIA 2 reviewed from aspect: (a) Average of student’s achievement in posttest bigger than 69,9 (KKM), student who got svcore < 70 as many as 4 or 10,53 %. Whereas student who got score > 70 as many as 34 or 89,47 %. (b) Average score gain normalized bigger than 0,3 ( middle category), (b) the result of class completeness analysis > 0,799. The result of descriptive and inferential analyswis show that the implementation of cooperative learning model type NHT in class X MIA 1 in learning mathematic material “Peluang” (Chance/oppostunity) reviewed from aspect: (a) average of student’s achievment in posttest bigger than 69,9 (KKM), student who got score < 70 as many as > or 20 % whereas the student who got score > 70 as many as 28 or 80 %. (b) average score gain normalized bigger than 0,3 (middle category) (b) the result of class completeness analysis > 0,799. It’s concluded that cooperative learning model type STAD and NHT is effective to be implemented in learning mathematic and cooperative learning model STAD is more effective than cooperative learning type NHT.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:24
Last Modified: 02 Nov 2017 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3668

Actions (login required)

View Item View Item