Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBL) dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika

Rahmah T, Rahmah T (2016) Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBL) dengan Pendekatan Problem Posing Dalam Pembelajaran Matematika. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKELKU.docx

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah(PBL) dengan pendekatan problem posing pada kelas XI IIS1 MAN Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS1 siswa MAN Pangkep. Penelitian ini adalah penelitian Pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas (One Grup) sebagai kelas eksperimen atau kelas perlakuan. Data yang dikumpulkan terdiri dari data hasil belajar siswa, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, data aktivitas siswa selama pembelajaran, diperoleh dengan menggunakan lembar observasi, dan data respons siswa terhadap pembelajaran setelah perlakaun. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas guru, aktivitas siswa, serta respon siswa dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Berdasarkan data hasil belajar matematika siswa pada pre-test bahwa nilai mean 39,17 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 12,19 sedangkan pada post-test bahwa nilai mean 84,036 dari skor ideal 100 dan deviasi standar deviasi 6,52 tingkat ketuntasan secara klasikal pada pre-test tidak ada yang mencapai kriteria ketuntasan minimum sedangkan pada post-test sebesar 96,43 % dalam kategori tuntas, rata-rata gain ternormalisasi berada pada kategori tinggi. Aktivitas siswa dalam pembelajaran untuk 9 aspek yang diamati memenuhi Persentase waktu Ideal (PWI). Sedang respons siswa terhadap penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBL) dengan pendekatan problem posing dalam Pembelajaran Matematika termasuk dalam kategori “positif” dengan skor rata-rata 85,71% dimana 85,71 > 80%. Secara umum disimpulkan bahwa penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah(PBL) dengan pendekatan problem posing pada kelas XI IIS1 MAN Pangkep efektif. ABSTRACT Rahmah T. 2016. The effectiveness of Problem Based LearningModel with Problem Posing approach in mathematic learning. This research has a purpose to know the application of PBL model with problem posing approach in class XI IIS1 Man Pangkep. Population in this research is the students of class XI IIS1 MAN Pangkep. This research is pre-experiment research that involved one class(one group) as experiment class or treatment class. The data collected consist of the data of student achievement, it’s taken by using observation sheet data of student activity during learning process, it’s taken by using observation sheet, and data of student response to the learning process after the treatment. The data was analyzed by using descriptive analysis and inferential analysis. Data analysis that was used is descriptive analysis to describe the student’s chievement, teacher activity, student activity, and student response, and inferential analysis to examine the research hypothesis. The result of the research show that the student’s achievement in learning mathematic in the experiment class in “high” category based on the data of student’s achievement in mathematic in pre-test, show that mean value 39,17 and standard of deviation 12,19 while in post-test show that mean value 84,036 and standard of deviation 6,52 completeness degree in classical in pre-test no one could get the minimum completeness criteria where as in post-test as big 96,43% in complete category, average normalized in “high” category. Student activity in learning process for 9 aspects that was observed meet the ideal time percentage(IPW). While the student response of the applying of problem based learning model with problem posing approach in mathe, mathematic learning including “positive” category with average score 85,71 % where 85,71> 80%. Generally it’s concluded that the applying of problem based learning with problem posing approach in class XI IIS1 MAN Pangkep is effective.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 07:13
Last Modified: 02 Nov 2017 07:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3667

Actions (login required)

View Item View Item