Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar

PERMADI, I PUTU YOGA (2016) Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I1.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (18kB)

ABSTRAK Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi materi inflasi dan indeks harga kelas X3 SMA Negeri 1 Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran Inkuiri. Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Galesong Selatan yang aktif dan terdaftar yang berjumlah 41 orang, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data dengan analisis deskriftif. Berdasarkan teknik analisis data ada peningkatan aktivitas guru menerapakan model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran, Hal ini dapat dilihat dari observasi guru pada siklus I mengalami pningkatan ke siklus II. Sedangkan aktivitas belajar peserta didik juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Selain itu, di lihat juga dari hasil tes evaluasi Peserta didik Siklus I dan pada siklus II terjadi peningkatan yang signifikan dimana indikator hasil belasjar siswa sudah tercapai pada siklus II. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X3 SMA Negeri 1 Galesong Selatan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Koperasi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 06:01
Last Modified: 02 Nov 2017 06:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3656

Actions (login required)

View Item View Item