Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.1 Di Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep.

ANWAR, MUHAMMAD AZHAR (2016) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.1 Di Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ekonomi pada murid kelas X.1 Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep. Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik X.1. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT peserta didik X.1 Di Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian adalah penerapan model pembelajaran NHT. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.1 Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep yang aktif dan terdaftar yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 20 murid perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif. Teknik analisis data dengan analisis deskriftif. Berdasarkan teknik analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together tentang Pendapatan Nasional dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X.1 Pesantren Modern Putri Immim Kabupaten Pangkep dan juga ada peningkatan hasil belajar guru menerapakan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas guru pada siklus I pertemuan 2 pada kategori cukup pada kategori baik dan siklus II pada kategori baik. Sedangkan aktivitas belajar peserta didik pada siklus I pertemuan 2 pada kategori cukup dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 2 pada kategori baik. Selain itu, di lihat juga dari hasil tes Peserta didik siklus I pada kategori kurang dan pada siklus II pada kategori baik. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:58
Last Modified: 02 Nov 2017 03:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3651

Actions (login required)

View Item View Item