Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.5SMA Negeri 1 Galesong Selatan.

IDRIS, MUH. (2016) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X.5SMA Negeri 1 Galesong Selatan. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.docx

Download (22kB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik terhadap mata pelajaran Ekonomi pada siswa kelas X.5SMA Negeri 1 Galesong Selatan.Adapun rumusan masalahnya yaitu:Apakahpenerapan model pembelajaranBerbasisMasalah(Problem Based Learning)dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswapadamatapelajaranEkonomi di kelas X.5 SMA Negeri 1 Galesong Selatan?. Tujuan penelitian adalah:Untukmeningkatkanhasilbelajarsiswadengan model pembelajaranBerbasisMasalah(Problem Based Learning)padamatapelajaranEkonomikelas X.5 di SMA Negeri 1 Galesong Selatan. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatifdengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Obyek penelitian adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5SMA Negeri 1 Galesong Selatan yang aktifdanterdaftar yang berjumlah40 orang siswa, terdiridari 22 muridLaki-lakidan 18 muridPerempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriftif. Berdasarkan hasilpenelitiandiperolehkesimpulanbahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X.5SMA Negeri 1 Galesong Selatan.Hal ini dapat dilihat darihasilbelajarsiswapadasiklus Idengannilai rata-rata 70,25persendengankategori“Kurang”, danketuntasanklasikalnyaadalah 60,00 persen. Pada siklus II mengalami peningkatan dengannilai rata-rata mencapai 82,22persenpadakategori “Baik”,denganketuntasanklasikalnyamencapai 87,50 persen.Selain itu,di lihat juga dari hasilaktivitas belajar peserta didik pada siklus I pada kategori “Cukup” dan hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pada kategori “Baik”. Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci :Problem Based Learning, HasilBelajar, PenelitianTindakanKelas (PTK).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 03:37
Last Modified: 02 Nov 2017 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3648

Actions (login required)

View Item View Item