EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN CTL DAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 10 BULUKUMBA

Hermani, Hermani (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN CTL DAN OPEN ENDED PROBLEM PADA MATERI SPLDV DI KELAS X SMA NEGERI 10 BULUKUMBA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL.docx

Download (44kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CTL,(ii) keefektifan model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended,(iii) apakah model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan CTL lebih efektif dari model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika materi SPLDV pada siswa kelas X SMA Negeri 10 Bulukumba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPAyang tersebar dalam 3 kelas di SMA Negeri 10 Bulukumba tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 114 siswa. Dari 3 kelas tersebut dipilih 2 kelas untuk dijadikan sampel. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih 2 kelas yaitu kelas X IPA3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dengan pendekatan CTL dan kelas IPA4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diajar menggunakan model PBM dengan pendekatan open ended. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimenyang bercirikan adanya perlakukan terhadap terhadap objek yang akan diteliti. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi, angket, tes, dan studi dokumentasi, lalu dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Keefektifan pembelajaran dinilai berdasarkan kriteria keefektifan yang ditinjau dari aktivitas siswa selama pembelajaran, respons siswa terhadap pembelajaran, dan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) skor rata-rata gain hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan model PBM dengan pendekatan CTL berada pada kategori tinggi, skor rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori baik, dan respon siswa berada pada kategori cenderung positif; (ii) skor rata-rata gain hasil belajar pada pembelajaran matematika menggunakan model PBM dengan pendekatan open ended berada pada kategori tinggi, skor rata-rata aktivitas siswa berada pada kategori baik, dan respon siswa berada pada kategori cenderung positif; (iii) pembelajaran matematika dengan menggunakan model PBM dengan pendekatan CTL dan model PBM dengan pendekatan open ended berada pada kategori sangat efektif; (iv) model PBM dengan pendekatan CTL lebih efektif dari model PBM dengan pendekatan Open Ended pada materi SPLDV siswa kelas X SMA Negeri 10 Bulukumba Kata kunci :Keefektifan Pembelajaran, Pembelajaran Berbasis Masalah, Pendekatan Open Ended, Pendekatan CTL, Aktivitas Siswa. ABSTRACT This research aims at discovering (i) the effectiveness of problem basedlearning using CTL approach, (ii) the effectiveness of problem based learning model using open ended approach (iii) whether the problem based learning model using CTL approach is more effective than the one using open ended approach in Mathematics learning with SPLDV material of grade X students at SMAN 10 Bulukumba. The population of this research is all grade X IPA students from 3 classes in SMAN 10 Bulukumba of academic year 2015/2016 with the total of 114 students. The samples are chosen by employing cluster random sampling technique and obtained 2 classes, grade X IPA3 as the experiment class 1 taught by using problem based learning with CTL approach and grade X IPA4 as the experiment class 2 taught by using problem based learning with open ended approach. This research is quasi experiment with the characteristic of the treatment to the research object. The data of this research are collected by using observation sheets, questionnaires, test, and documents study. Data is analyzed by employing desctiptive analysis and inferential analysis. The leaming effectiveness is assessed based on effectiveness criteria which are reviewed from students' activities during rthe learning process, sfudents' response on learning process, and the result of mathemafics learning process. The results of the research reveal that (i) the average score of Mathematics learniing process by using problem based learning with CTL approach is in highcategory, the average score of students' activities is in good category, and students' response is in positive category, (ii) the average score of Mathematics learning process by using problem based learning with open ended approach is in high category, the average score of students' activities is in good category, and sfudents'response is in positive category, (iii) the Mathematics learning process by using problem based leaming with CTL approach and open ended approach is in effective category, (iv) problem based leaming model with CTL approach is more effective than the problem based learning with open ended approach on SPLDV material of Grade X students at SMAN l0 Bulukumba Keywords:the effectiveness of learning, the effectiveness of problem based learning, open ended approach, CTL approach,sfudents' response.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:32
Last Modified: 02 Nov 2017 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3640

Actions (login required)

View Item View Item