JARIMOLLAH, SYAHRIANI (2016) Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematika melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Saintifik pada Siswakelas VIII-B1 SMP Negeri 7 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (38kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (26kB) |
Abstract
ABSTRAK Untukmeningkatkankemampuanpenalarandankomunikasimatematikamelaluipenerapan model PBM denganpendekatansaintifikpadasiswakelas VIII-B1 SMP Negeri 7 Makassar. Penelitianinimenggunakanteknikpengumpulan data tesdan non tesmelaluilembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (i) proses pelaksanaanpembelajaran model PBMdenganpendekatansaintifik yang dilaksanakansebanyakduasiklusdiperoleh (1)padasiklus I,aktivitas guru dalammengelolapembelajaranberdasarkanfase-fasedalam model PBM denganpendekatanSaintifikmencapai rata-rata 3,69 denganskor ideal 4 beradapadakategori “sangattinggi”, tetapiuntukaktivitassiswabarumencapai rata-rata 2,44 dariskor ideal 4 beradapadakategori “tidakefektif”; (2) Padasiklus II, guru telahmelakukanperbaikan-perbaikandalammenerapkan model PBM denganpendekatansaintifikdanadanyapeningkatanmasing-masingaspekpengamatanpadaaktivitassiswayang mencapai rata-rata 3,28 beradapadakategori“efektif”;dan (ii) penerapan model PBM denganpendekatansaintifikdapatmeningkatkankemampuanpenalarandankomunikasimatematikasiswakelas VIII-B1 SMPN 7 Makassar yang ditandaiolehpeningkatanskor rata-rata teskemampuanpenalarandankomunikasimatematikasiswadariskor ideal 100, diperolehpadapratindakanyaitu 63,89 dan 62,11denganstandardeviasimasing-masing 13,01 dan 10,79, masihdibawah KKM yang ditetapkanyaitu 70, meningkatmenjadi 73,04 dan 69,87denganstandardeviasimasing-masing 8,33 dan 6,86 padasiklus I. Padasiklus II menjadi 76,80 dan 75,58 denganstandardeviasimasing-masing 6,63 dan 6,83.Siswa yang melampaui KKM padakemampuanpenalaran, dari 45 siswayaitusebanyak 20 siswa (55,6%)padapratindakan, menjadi 34 siswa (75,6%) padasiklus I, meningkatmenjadi 40 siswa (88,9%) padasiklus II, dansiswa yang melampaui KKM padakemampuankomunikasimatematikadari 45 siswayaitusebanyak16siswa (35,6%) padapratindakan, menjadi28siswa (62,2%) padasiklus I, meningkatmenjadi 40 siswa (88,9%) padasiklus II.Hal inimenunjukkanbahwaterjadipeningkatanskor rata-rata kemampuanpenalarandankomunikasimatematikadanketuntasanklasikaltercapai.Untukhasilresponssiswamenunjukkanbahwasecarakeseluruhanaspekmendapatresponspositifdenganpresentase di atas 70%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 02:24 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 02:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3638 |
Actions (login required)
View Item |