ABBAS, JUMADI (2016) Meminimalkan kesalahan dalam mengerjakan soal matematikame lalui scaffolding klini spade siswa kelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.
Text
BAB I.docx Download (29kB) |
|
Text
~$BAB V.docx Download (162B) |
Abstract
ABSTRAK Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sukar dan membosangkan sehingga siswa menja dikurang aktif dalampembelajaran di kelas.Klinikmatematikaadalahsuasanabaru yang diharapkandapatmemunculkankeberaniansiswauntukbertanyabaikkepada guru maupunkepadatemannyauntukmenyelesaikansoal-soalataumasalahmatematika yang dihadapinya.Olehkarenaiturumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (i) Bagaimana proses pemberian scaffolding klinisdalammengerjakansoalmatematikapadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar? (ii) Apakahkesalahandalammengerjakansoalmatematikadapatdiminimalkanmelaluipemberian scaffolding klinispadasiswakelas VII A SMPNegeri 7 Makassar? Tujuanpenelitianiniadalah (i) Mendeskrifsikan prosespemberian scaffolding klinisdalammengerjakansoalmatematikapadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar; (ii) Untukmeminimalkankesalahansiswadalammengerjakansoalmatematikamelalui scaffolding klinispadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakandengantehnikpengumpulan data tesdan non tesmelaluilembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa proses pemberian scaffolding klinis di klinikmatematika yang dilaksanakansebanyak 2 (dua) siklusdiperoleh: (1) aktivitas guru dalam proses pembimbingan di klinikmatematikapadasiklus I beradapadakategori “sangattinggi” danuntukaktivitassiswamasihadabeberapaaspekpengamatan yang perluditingkatkan; (2)padasiklus II setelahdiadakanperbaikandalam proses pemberian scaffolding klinisdanadapeningkatanmasing-masingaspekpengamatanpadaaktivitassiswa. Penerapanpemberian scaffolding klinisdapatmeminimalkankesalahandalammegerjakansoalmatematikapadasiswayang menjadisubjekpenelitianpadakelas VII A11 SMP Negeri 7 makassar yang ditandaioleh: (1) rata-rata persentasetingkatkesalahanpadapratindakanadalah82,6% menjadi61,3% padasiklus I, menjadi19,18 % padasiklus II.(2) hasilresponsiswamenujukanbahwakeseluruhanaspek yangdiresponsiswamendapatresponpositifdenganpersentasediatas70%.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > MATEMATIKA |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Nov 2017 02:15 |
Last Modified: | 02 Nov 2017 02:15 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3637 |
Actions (login required)
View Item |