Meminimalkan kesalahan dalam mengerjakan soal matematikame lalui scaffolding klini spade siswa kelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar.

ABBAS, JUMADI (2016) Meminimalkan kesalahan dalam mengerjakan soal matematikame lalui scaffolding klini spade siswa kelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (29kB)
[img] Text
~$BAB V.docx

Download (162B)

Abstract

ABSTRAK Banyak siswa yang menganggap bahwa matematika adalah salah satu mata pelajaran yang sukar dan membosangkan sehingga siswa menja dikurang aktif dalampembelajaran di kelas.Klinikmatematikaadalahsuasanabaru yang diharapkandapatmemunculkankeberaniansiswauntukbertanyabaikkepada guru maupunkepadatemannyauntukmenyelesaikansoal-soalataumasalahmatematika yang dihadapinya.Olehkarenaiturumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (i) Bagaimana proses pemberian scaffolding klinisdalammengerjakansoalmatematikapadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar? (ii) Apakahkesalahandalammengerjakansoalmatematikadapatdiminimalkanmelaluipemberian scaffolding klinispadasiswakelas VII A SMPNegeri 7 Makassar? Tujuanpenelitianiniadalah (i) Mendeskrifsikan prosespemberian scaffolding klinisdalammengerjakansoalmatematikapadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar; (ii) Untukmeminimalkankesalahansiswadalammengerjakansoalmatematikamelalui scaffolding klinispadasiswakelas VII A11 SMP Negeri 7 Makassar. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakandengantehnikpengumpulan data tesdan non tesmelaluilembarobservasi. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa proses pemberian scaffolding klinis di klinikmatematika yang dilaksanakansebanyak 2 (dua) siklusdiperoleh: (1) aktivitas guru dalam proses pembimbingan di klinikmatematikapadasiklus I beradapadakategori “sangattinggi” danuntukaktivitassiswamasihadabeberapaaspekpengamatan yang perluditingkatkan; (2)padasiklus II setelahdiadakanperbaikandalam proses pemberian scaffolding klinisdanadapeningkatanmasing-masingaspekpengamatanpadaaktivitassiswa. Penerapanpemberian scaffolding klinisdapatmeminimalkankesalahandalammegerjakansoalmatematikapadasiswayang menjadisubjekpenelitianpadakelas VII A11 SMP Negeri 7 makassar yang ditandaioleh: (1) rata-rata persentasetingkatkesalahanpadapratindakanadalah82,6% menjadi61,3% padasiklus I, menjadi19,18 % padasiklus II.(2) hasilresponsiswamenujukanbahwakeseluruhanaspek yangdiresponsiswamendapatresponpositifdenganpersentasediatas70%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 02:15
Last Modified: 02 Nov 2017 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3637

Actions (login required)

View Item View Item