PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH

Hunusalela, Abdul Jalil (2016) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEMBELAJARAN DAN KONSEP DIRI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DI KECAMATAN SALAHUTU KABUPATEN MALUKU TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
JURNAL jalil.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki apakah tiga faktor internal yaitu kualitas pelayanan, konsep diri siswa berpengaruh terhadap hasil belajar Fisika baik secara langsung ataupun secara tidak langsung melalui motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA di Kecamatan Salahutu Kab. Maluku Tengah yang berjumlah 357 siswa, dengan jumlah sampel sebanyak 200 siswa yang dipilih melalui tehnik Purposive Sampling.Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi oleh tim ahli.Kuisioner yang telah divalidasi tersebut diujicobakan terhadap 75 responden dari populasi. Proses analisis data dimulai dari Statistik deskriptif, dilanjutkan dengan Analisis Structural Equation Modelling (SEM). Analisis SEM dimulai dengan uji validitas dan reliabilitas, uji persyaratan analisis, kemudian diikuti dengan verifikasi kelayakan model untuk memperoleh model struktural tahap final. Model struktural tahap final ini dijadikan dasar dalam menguji hipotesis dan menjawab permasalahan penelitian. Berdasarkan analisis model structural persamaan jalur diperoleh bahwa Kualitas pelayanan berpengaruh langsung positif namun tidak signifikan terhadap Hasil belajar fisika siswa SMA di Kecamatan Salahutu. Adapun untuk konsep diri akademik berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa secara signifikan. Sedangkan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika siswa namun tidak signifikan. Kualitas pelayanan berpengaruh langsung negatif terhadap motivasi belajar. Begitu pula dengan Konsep diri berpengaruh langsung negatif terhadap motivasi belajar fisika siswa SMA di Kec. Salahutu. Menyangkut pengaruh tidak langsung Kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar melalui motivasi belajar fisika siswa SMA Kec. Salahutu. Begitu pula dengan Konsep diri tidak berpengaruh positif terhadap hasil belajar fisika melalui tingkat motivasi belajar fisika siswa SMA kec. Salahutu Kab. Maluku Tengah. Kata kunci : Model Pembelajaran Berdasarkan Penglaman, Model Pembelajaran Langsung, Motivasi Berprestasi, dan Hasil Belajar Fisika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:55
Last Modified: 12 Mar 2018 01:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3633

Actions (login required)

View Item View Item