PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 SUKAMAJU

Todingan, Dryana (2016) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 SUKAMAJU. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL TESIS DRYANA.docx

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK DRYANA TODINGAN. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju Studi pada Pokok Bahasan Konsep Mol (dibimbing oleh Muhammad Anwar dan Mohammad Wijaya M). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju pada pokok bahasan konsep mol. Jenis penelitian adalah eksperimen semu dengan menggunakan Desain Faktorial 2x3. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju semester genap tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 113 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive random sampling dan kelas yang terpilih adalah X TKJ-A berjumlah 22 orang sebagai kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) dan X TKJ-B berjumlah 22 orang sebagai kelas yang diajar dengan strategi pembelajaran inquiri (SPI). Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (SPPKB) lebih tinggi daripada peserta didik kelas strategi pembelajaran inquiri (SPI). Pengujian hipotesis dilakukan dengan program SPSS 20 menggunakan analisis Two Way Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh strategi pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju pada pokok bahasan konsep mol, (2) Ada pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju pada pokok bahasan konsep mol, (3) Tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah kimia peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Sukamaju pada pokok bahasan konsep mol. Hasil uji Tukey HSD menunjukkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah kimia antara gaya belajar visual dengan auditori dan kinestetik sedangkan untuk gaya belajar auditori dengan kinestetik tidak terdapat perbedaan. Kata Kunci: SPPKB, SPI, gaya belajar, kemampuan pemecahan masalah ABSTRACT Dryana Todingan.2016. The influence of learning strategies and Learning styles against Chemical Problem Solving Ability of the X Grade Students at SMK Sukamaju, Studies at Mole Concept Materials (under the supervision of Muhammad Anwar and Mohammad Wijaya M) This study aims to determine the influence of learning strategies and learning styles of the chemistry problem solving ability of the X grade students of SMK Negeri 1 Sukamaju on the subject of the mole concept. This type of research is quasi experiment by using a 2x1 factorial design. The study population were the second semester of X grade students of SMK Negeri 1 Sukamaju on 2015/2016 academic year consisting of five classes with the number of 113 students. Smpling was done by purposive random sampling and obtained class of X TKJ-A which consisted of 22 students as class tught by thinking ability building learning strategiy and X TKJ-B also consisted of 22 students as a class taught through inquiry learning strategies. The results of descriptive statistical analysis showed that the problem-solving ability of students in thinking ability building learning strategies class in higher than the students in inquiry learning strategies class. Hypothesis testing is done with SPSS 20 using Two Way ANOVA analysis. The results of this study indicate that (1) there is an influence of learning strategies on chemistry problem-solving skills of the X grade students SMK Negeri 1 Sukamaju on the subject of the mole concept, (2) there is an influence of learning styles on chemistry problem-solving skills of the X grade students SMK Negeri 1 Sukamaju on the subject of the mole concept, (3) there is no interaction between the learning strategies and learning styles of the chemistry problem solving skills of the X grade students SMK Negeri 1 Sukamaju on the subject of the mole concept. Tukey HSD test results show there is differences between the chemical problem solving skills with a visual learning style auditory and kinestethetic learning styles while for auditory to kinesthetic there is no difference. Keywords : SPPKB, SPI, Learning Styles, Problem Solving Skill.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN KIMIA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:43
Last Modified: 02 Nov 2017 01:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3630

Actions (login required)

View Item View Item