Irfan (2024) ANALISIS KOMPETENSI SOSIAL KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 2 KOTA TARAKAN KALIMANTAN UTARA.
Text
JURNAL SS.pdf Download (267kB) |
Abstract
IRFAN, 2024. Analisis Kompetensi Sosial Kepala Sekolah Di SMA Negeri Kota Tarakan Kalimantan Utara. Skripsi, Dibimbing Oleh Prof. Dr. H. Aris Munandar Dan Irmawati, S.Pd, M.Pd; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Analisis Kompetensi Sosial Kepala Sekolah di SMA Negeri 2 Kota Tarakan Kalimantan Utara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kerjasama, partisipasi kegiatan sosial dan kepekaan sosial kepala sekolah di SMA Negeri 2 Kota Tarakan Kalimantan Utara. Pendekatan penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Kota Tarakan Kalimantan Utara. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, 2 orang guru, 1 orang staff dan 1 orang perwakilan komite sekolah. Teknik pengumpulan data berupa data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik anaslisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi sosial kepala sekolah SMA Negeri 2 Kota Tarakan Kalimantan Utara terbagi menjadi 3 indikator, yaitu kerjasama yang meliputi kerjasama internal dan kerjasama eksternal. Untuk kerjasama internal dilaksanakan di ruang lingkup sekolah dan warga sekolah antara lain dengan guru, staf, karyawan, dan komite sekolah. Selanjutnya kerjasama secara eksternal meliputi kerjasama dengan sekolah lain. Indikator kedua adalah partisipasi kegiatan sosial dimana hal itu di bagi menjadi 3 bagian yaitu kegiatan kemasyarakatan seperti bakti sosial. Kemudian ada open house yaitu kegiatan silahturahmi di sekolah seperti halal bi halal dan sosialisasi dengan orang tua siswa. Selanjutnya ada buletin sekolah yang isinya berupa selebaran, web sekolah dan media sosial instagram. Indikator ketiga adalah kepekaan sosial, meliputi empati dan kepedulian sosial. Empati dan kepedulian sosial adalah dua hal yang hampir sama, bentuk empati dan kepedulian sosial kepala sekolah adalah mengadakan kegiatan camping dan outbond ketika selesai dari tugas atau pekerjaan, memberikan bantuan terhadap guru ataupun staf yang mengalami musibah dengan dana sosial. Kata Kunci : Analisis, Kompetensi Sosial, Kepala Sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 00:16 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 00:16 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36292 |
Actions (login required)
View Item |