Virgo Seprianto (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEPALA SEKOLAH DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MAMASA.
Text
Virgo Seprianto Jurnal Artikel Pendidikan (1).pdf Download (334kB) |
Abstract
Virgo Seprianto, 2024. Implementasi Pendidikan dan Pelatihan Kepala Sekolah Di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Wahira, M.Pd dan Dra, Sitti Habibah, M.Si; Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi pendidikan dan pelatihan kepala sekolah di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Gambaran implementasi Pendidikan dan pelatihan (Diklat) bagi kepala sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis fenomenologis. Penelitian ini dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat. Sumber data dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas, Bidang Pengembangan Guru Dan Tenaga Kependidikan dan Kepala Sekolah, Teknik pengumpulan dat berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan, pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pendidikan dan Pelatihan kepala sekolah sudah cukup maksimal dan sudah berkontribusi baik terhadap peningkatan kompetensi kepala sekolah, dan dalam prosesnya sudah berlangsung secara efektiv dan efisien yang meliputi 5 langkah tahapan pelaksanaan yakni proses analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan (training Need Assessment), menetapkan tujuan pendidikan dan pelatihan, pengembangan kurikulum dan penetapan komponen Diklat, persiapan dan pelaksanaan Diklat, dan Evaluasi Pendidikan dan pelatihan. faktor pendukung dalam pelaksanaan Diklat adalah narasumber yang berkompeten dan ahli di bidangnya serta fasilitas yang sudah cukup memadai, Adapun faktor penghambat diantaranya adalah kondisi geografis daerah, kemampuan penggunaan teknologi, dan keterbatasan anggaran. Kata Kunci : Implementasi Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Kepala Sekolah
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 00:10 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 00:10 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36291 |
Actions (login required)
View Item |