IMPLEMENTASI PROGRAM “KNOW YOURSELF” SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS DI SMA ISLAM ATHIRAH KAJAOLALIDO

Nurasyifah (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM “KNOW YOURSELF” SEBAGAI SALAH SATU PROGRAM MANAJEMEN LAYANAN KHUSUS DI SMA ISLAM ATHIRAH KAJAOLALIDO.

[img] Text
ARTIKEL NURASYIFAH __.pdf

Download (384kB)

Abstract

Nurasyifah, 2024. Implementasi Program “Know Yourself” Sebagai Salah Satu Program Manajemen Layanan Khusus di SMA Islam Athirah Kajaolalido. Skripsi ini dibimbing oleh Dr. Muh. Ardiansyah, S.Ip., M.Pd. dan Dra. Sitti Habibah, M.Si. Jurusan Adminitrasi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang implementasi program “Know Yourself” sebagai salah satu program manajemen layanan khusus di SMA Islam Athirah Kajaolalido. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran implementasi program “Know Yourself” sebagai salah satu program manajemen layanan khusus di SMA Islam Athirah Kajaolalido dan apa faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi program “Know Yourself” sebagai salah satu program manajemen layanan khusus di SMA Islam Athirah Kajaolalido. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan subjek penelitian yang meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan kurikulum, guru bimbingan dan konseling kelas 10 serta dua orang peserta didik kelas 10. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program “Know Yourself” sebagai salah satu program manajemen layanan khusus di SMA Islam Athirah Kajaolalido adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan program “Know Yourself” terdiri atas 9 tahapan yaitu a) membuat asesmen nondiagnostic kognitif b) membuat instrument self-asessment c) membuat angket kebutuhan LKKPD d) membuat inveentori kebutuhan e) membuat lembar perencanaan karir f) membuat weekly check in g) mengelompokkan peserta didik menjadi 6 kelompok dan h) membuat project planning. Pelaksanaan program “Know Yourself” dibagi atas 3 tahapan yaitu a) awal semester, b) pada saat jam mengajar guru BK dan c) akhir semester. Guru bimbingan dan konseling berperan penting dalam program “Know Yourself” karena menjadi pemandu, fasilitator, sahabat, teman, guru dan orang tua. 2) Faktor pendukung program “Know Yourself” adalah seluruh stakeholder, orang tua peserta didik dan peserta didik. Faktor penghambat program “Know Yourself” adalah waktu yang terbatas dan sering terjadi layanan responsive yang mendadak.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Nov 2024 00:06
Last Modified: 25 Nov 2024 00:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36290

Actions (login required)

View Item View Item