KHAERANI RAMADHANI (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PARTISIPATIF TERHADAP MOTIVASI BELAJAR WARGA BELAJAR PAKET C PKBM HANDAYANI KECAMATAN ULAWENG KABUPATEN BONE.
Text
Junal_Khaerani Ramadhani.pdf Download (177kB) |
Abstract
KHAERANI RAMADHANI, 2024. Pengaruh Metode Pembelejaran Partisipatif Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C PKBM Handayani Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Kartini Marzuki dan Untung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelejaran Partisipatif Terhadap Motivasi Belajar Warga Belajar Paket C PKBM Handayani Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Metode Pembelajaran Partisipatif, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah warga belajar paket C di PKBM Handayani yang berjumlah 30 orang. Pada penelitian ini tidak menggunakan penarikan sampel karena merupakan penelitian populasi sehingga menggunakan sampel jenuh. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik yang dilakukan dalam analisis data yaitu deskriptif frekuensi, normalitas data dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode pembelajaran partisipatif PKBM Handayani berada kategori baik karena metode pembelajaran partisipatif dapat meningkatkan motivasi warga belajar (2) Motivasi belajar berada pada kategori baik karena dapat meningkatkan rasa semangat dan antusiasme warga belajar dalam mengikuti proses pembelajaran. Sehingga dapat dinyatakan bahwa motivasi belajar dengan penerapan metode pembelajaran partisipatif di PKBM Handayani baik untuk diterapkan bagi warga belajar. (3) Terdapat pengaruh yang signifikansi atau nyata metode pembelajaran partisipatif terhadap motivasi belajar warga belajar paket C PKBM Handayani Kecamatan Ulaweng Kabupaten Bone. Dengan kata lain bahwa metode pembelajaran partisipatif berpengaruh terhadap motivasi belajar. Maka di PKBM Handayani harus lebih meningkatkan metode pembelajaran partisipatif agar warga belajar termotivasi dalam melakukan proses pembelajaran Kata kunci: Metode Pembelajaran Partisipatif, Motivasi Belaja
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 14 Nov 2024 02:56 |
Last Modified: | 14 Nov 2024 02:56 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36283 |
Actions (login required)
View Item |