Nurfitri Qalbia (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM KELAS TUNTAS BERKELANJUTAN (SKTB) DI SD INPRES 41 ISOKA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KABUPATEN GOWA.
Text
Artikel_Nurfitri Qalbia_Universitas Negeri Makassar.pdf Download (646kB) |
Abstract
Nurfitri Qalbia, 2021. Efektivitas Penerapan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SD Inpres 41 Isoka Kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Muhammad Irfan S.Pd., M.Pd dan Drs. Lutfi, B.M.Kes pada Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bagaimana Efektivitas Penerapan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupan Gowa. Tujuan penelitian untuk mengetahui penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupan Gowa, kedua untuk mengetahui peran guru dalam penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupan Gowa, ketiga untuk mengetahui efektivitas penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupan Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa Penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa setiap siswa mampu naik kelas berdasarkan keterlaksanaan keenam komponen sistem kelas tuntas berkelanjutan secara berkesinambungan yaitu mulai dari kurikulum, deteksi dini, satuan kredit semester, penilaian, dan pengayaan. Adapun peran guru dalam hasil wawancara penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan yaitu mampu menciptakan suasana belajar yang nyaman dan kondusif agar siswa dalam melaksanakan pembelajaran sehingga para siswa tuntas mencapai Kompetensi dasar. Efektivitas penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa persentase efektivitas penerpan sistem kelas tuntas berkelanjutan di SD Inpres 41 Isoka kecamatan Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa berada dalam kategori efektif. Kata Kunci : penerapan sistem kelas tuntas berkelanjutan, peran guru , efektivitas.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:29 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:29 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36260 |
Actions (login required)
View Item |