PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 7 KOTA MAKASSAR

Ratna (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP PENGUASAAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS III SD MUHAMMADIYAH 7 KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL CD.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ratna, 2024. Pengaruh Penggunaan Media Flash Card terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris SD Muhammadiyah 7 Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Rohana dan Andi Makkasau) Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Flash Card terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas III SD Muhammadiyah 7 Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah pre- eksperimetal dengan menggunakan desain one group pretest-postest. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelass III SD Muhammadiyah 7 yang berjumlah 27 orang, menggunakan teknik nonprobability sampling dengan tipe sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial yang terbagi atas uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penggunaan media flash card berjalan dengan sangat baik. Hasil analisis inferensial menggunakan paired sample t-Test diperoleh nilai probabilitas (<0,001.) < α (0,05) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media flash card. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) proses pembelajaran menggunakan media Flash card berlangsung sangat efektif, (2) hasil tes peserta didik menunjukkan adanya peningkatan penguasaan kosa kata peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan media flash card, (3) terdapat pengaruh penggunaan Media flash card terhadap penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa kelas III SD Muhammadiyah 7 Kota Makassar. Kata Kunci: Media flash card, Penguasaan kosa kata

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:25
Last Modified: 11 Nov 2024 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36259

Actions (login required)

View Item View Item