Aulifia Kirana Ramdhani, (2024) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN PPKn DI KELAS IV SD INPRES KARUNRUNG KOTA MAKASSAR.
Text
ARTIKEL AULIFIA KIRANA RAMDHANI.pdf Download (256kB) |
Abstract
Aulifia Kirana Ramdhani, 2024. Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV SD Inpres Karunrung Kota Makassar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing Oleh Nurfaizah dan Latri Aras) Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Inpres Karunrung Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Project Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran PPKn di kelas IV SD Inpres Karunrung Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 4 kegiatan utama yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV SD Inpres Karunrung Kota Makassar. Pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 16 orang dengan 7 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes evaluasi pada setiap siklusnya dan dokumentasi. Analisis data digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa selama pelaksanaan siklus I dan siklus II bahwa diperoleh hasil penelitian pada siklus I pada kategori kurang (K) atau tidak kreatif dan terjadi peningkatan pada siklus II yang berada pada kategor baik (B) atau sangat kreatif serta mencapai indikator yang telah ditetapkan. Simpulan penelitian ini adalah dengan menerapkan model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia di Kelas IV SD Inpres Karunrung Kota Makassar. Kata Kunci: Model Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1) ILMU PENDIDIKAN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 11 Nov 2024 01:21 |
Last Modified: | 11 Nov 2024 01:21 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36258 |
Actions (login required)
View Item |