ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV UPT SD NEGERI 102 INPRES BONTOKADATTO KAB. TAKALAR

Nur Adinda (2024) ANALISIS KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV UPT SD NEGERI 102 INPRES BONTOKADATTO KAB. TAKALAR.

[img] Text
JURNAL NUR ADINDA 200407501062.pdf

Download (269kB)

Abstract

Nur Adinda, 2024. Analisis Konsentrasi Belajar Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Kurikulum Merdeka di Kelas IV UPT SD Negeri 102 Inpres Bontokadatto, Kab. Takalar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Siti Raihan). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa kelas IV UPT SD Negeri 102 Inpres Bontokadatto dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya konsentrasi dalam proses pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman dengan empat kegiatan yang dilakukan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perilaku kognitif siswa yang berkonsentrasi belajar dapat ditandai dengan kesiapan pengetahuan yang muncul saat diperlukan, mengaplikasikan materi pelajaran yang diberikan oleh guru dan siswa menganalisis setiap pengetahuan yang telah diperolah. Selain itu, pada perilaku afektif konsentrasi siswa dalam belajar ditandai dengan siswa memperhatikan sumber informasi ketika proses pembelajaran berlangsung, memberikan respons terhadap materi yang diajarkan dan mengungkapkan argumen atau ide baru terhadap materi pelajaran. Sedangkan untuk perilaku psikomotor konsentrasi belajar siswa dalam proses pembelajaran ditandai dengan siswa menggerakkan anggota badan sesuai petunjuk guru, menunjukkan sikap aktif ketika belajar dan siswa menulis informasi penting yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:12
Last Modified: 11 Nov 2024 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36257

Actions (login required)

View Item View Item