PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES BERTINGKAT KALUKU BODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR

Mutiara Ayu Apriliya S (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER(NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V UPT SPF SD INPRES BERTINGKAT KALUKU BODOA KECAMATAN TALLO KOTA MAKASSAR.

[img] Text
3.JURNAL_MUTIARA AYU APRILIYA S.pdf

Download (305kB)

Abstract

Mutiara Ayu Apriliya S, 2024. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Syamsuryani Eka Putri Atjo dan Siti Raihan) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dalam meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitiannya yaitu penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 di UPT SPF SD Inpres Bertingkat kaluku bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Berdasarkan hasil observasi aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan pada siklus II dikategorikan baik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I dikategorikan cukup dan meningkat pada hasil observasi siklus II menjadi kategori baik. Berdasarkan hal tersebut, nilai tes matematika siswa meningkat, dari siklus I berada dalam kategori cukup, dimana terdapat 10 siswa (58,82%) dikategorikan tuntas dan 7 siswa (41,18%) dikategorikan tidak tuntas. Kemudian meningkat pada siklus II berada pada kategori baik, dimana terdapat 14 siswa (82,32%) dikategorikan tuntas dan 3 siswa (17,65%) dikategorikan tidak tuntas. Kesimpulan hasil penelitian dan pembahasan ini bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada mata pelajaran Matematika Kelas V UPT SPF SD Inpres Bertingkat Kaluku Bodoa Kecamatan Tallo Kota Makassar. Kata kunci : Model pembelajaran Numbered Heads Together, Hasil Belaja

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 01:08
Last Modified: 11 Nov 2024 01:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36256

Actions (login required)

View Item View Item