ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR

Sinarwati Panandu (2024) ANALISIS PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA DI KELAS IV UPT SPF SD INPRES TELLO BARU II KECAMATAN MANGGALA KOTA MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL SINARWATI PANANDU.pdf

Download (304kB)

Abstract

SINARWATI PANANDU, 2024, Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Kelas IV UPT SPF SD INPRES Tello Baru II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. (dibimbing oleh Hamzah Pagarra dan Siti Raihan) Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait penerapan pembelajaran diferensiasi konten, diferensiasi proses, serta diferensiasi produk yang dilaksanakan oleh guru dalam kurikulum merdeka di kelas IV UPT SPF SD Inpres Tello Baru II Kecamatan Manggala Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini yaitu dua orang guru wali kelas IV dan tiga orang siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran diferensiasi konten dan proses telah dilaksanakan oleh guru dengan baik dengan memperhatikan minat dan gaya belajar siswa. Dan penerapan pembelajaran diferensiasi produk belum dilaksanakan secara maksimal. Guru mengalami kendala terhadap sarana dan prasarana yang mengalami kerusakan. Kata kunci: Pembelajaran Berdiferensiasi. Kurikulum Merdeka

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 11 Nov 2024 00:59
Last Modified: 11 Nov 2024 00:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36254

Actions (login required)

View Item View Item