STUDI PERBANDINGAN ANTARA HASIL TES KOMPETENSI PLPG DENGAN HASIL TES KOMPETENSI SETELAH MASA RETENSI PADA GURU TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SINJAI

Rosleni, Rosleni (2016) STUDI PERBANDINGAN ANTARA HASIL TES KOMPETENSI PLPG DENGAN HASIL TES KOMPETENSI SETELAH MASA RETENSI PADA GURU TERSERTIFIKASI DI KABUPATEN SINJAI. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal - Rosleni.docx

Download (169kB)

Abstract

ABSTRAK Uji kompetensi guru merupakan salah satu basis utama dalam program peningkatan kompetensi guru. Uji kompetensi esensinya berfokus pada empat kompetensi yang harus dimiliki oleh guru yakni kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan professional. Guru harus mengoptimalkan potensi yang dimilikinya, karena kemampuan guru merupakan variable terpenting atas kualitas hasil pembelajaran.Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui; (i) Apakah terdapat peningkatan antara hasil tes kompetensi PLPG dengan hasil tes kompetensi setelah masa retensi (UKG Online) tahun 2015 pada guru tersertifikasi di Kabupaten Sinjai. (ii) Apakah terdapat peningkatan antara hasil tes kompetensi PLPG dengan hasil tes kompetensisetelah masa retensi (UKG Offline) tahun 2016 pada guru tersertifikasi di Kabupaten Sinjai?.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan skor kompetensi antara hasil tes PLPG dengan tes uji kompetensi online setelah masa retensi terlihat 11.8% guru berada pada kategori sedang dan 88.2% guru pada kategori rendah. (2) Peningkatan skor kompetensi antara hasil tes PLPG dengan tes uji kompetensi offline setelah masa retensi terlihat 41.2% guru berada pada kategori sedang dan 58.8% guru pada kategori rendah. (3) Terdapat hasil yang berbanding terbalik antara uji kompetensi yang dilakukan secara online dengan uji kompetensi yang dilakukan secara offline, berdasarkan analisis data N-Gain peningkatan kompetensi guru berada pada kategori sedang jika uji kompetensi dilakukan secara offlinedan berada pada kategori rendah jika uji kompetensi dilakukan secara online. (4) Berdasarkan nilai rata-rata UKG offline, untuk masa kerja 21-30 tahun memiliki peningkatan skor kompetensi lebih baik dibandingkan dengan yang lainnya ini berarti bahwa semakin lama seorang guru mengajar semakin banyak memiliki pengalaman. (5) Terdapat perbedaan antara guru yang latar belakang pendidikannya linier dengan guru yang tidak linier meskipun skor rata-rata hampir sama namun guru yang latar pendidikannya liniermemiliki rata-rata skor kompetensi yang lebih baik. Kata kunci: Kompetensi pedagogik, Kompetensi kepribadian, Kompetensi sosial dan Kompetensi professional.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:25
Last Modified: 02 Nov 2017 01:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3625

Actions (login required)

View Item View Item