Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIIISMP-IT SHOHWATUL IS’ADPangkep

Lahab, Lisda (2016) Pengaruh Metode Pembelajaran PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review) terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Fisika Peserta Didik Kelas VIIISMP-IT SHOHWATUL IS’ADPangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ARTIKEL.docx

Download (88kB)

Abstract

Abstrak - Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui: gambaran hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran PQ4R; gambaran hasil belajar fisika dan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diajar secara konvensional; perbedaan signifikan hasil belajar fisika antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R dan peserta didik yang diajar secara konvensional; perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis antara peserta didik yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R dan peserta didik yang diajar secara konvensional. Desain penelitian yang digunakan Postest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP-IT Shohwatul Is’ad Pangkep dengan jumlah peserta didik 123 orang dari 4 kelas. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh dua kelas yaitu kelas VIIIA (kelas eksperimen) yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R dan kelas VIIIB (kelas kontrol) yang diajar secara konvensional dengan jumlah peserta didik masing-masing terdiri dari 32 orang dan 29 orang. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis uji-t dua pihak dengan menggunakan program mikrosoft Excel dan SPSS versi 20.0 for windows dengan taraf signifikansi 5 %. Uji prasyarat análisis meliputi pengujian normalitas data dengan uji Kolmogorov-Smirnov) dan pengujian homogenitas dengan Uji F dimana data dalam penelitian ini terdistribusi normal dan varian data bersifat homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)terdapat perbedaan signifikan hasil belajar IPA fisika antara yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R dan yang diajar secara konvensional pada peserta didik kelas VIII SMP-IT Shohwatul Is’ad Pangkep. (2)terdapat perbedaan signifikan kemampuan berpikir kritis antara yang diajar dengan metode pembelajaran PQ4R dan peserta didik yang diajar secara konvensional peserta didik kelas VIII SMP-IT Shohwatul Is’ad Pangkep. Kata Kunci :Metode Pembelajaran PQ4R, Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis. Abstract – The type of research is quasi-experiment which aims at discovering the description of students learning result and critical thinking ability by implementing PQ4R; the description of physics learning result and critical thinking ability of the students who were taught conventionally, the significant differences of students learning result between the students who obtained PQ4R treatment and the students who were taught conventionally, the significant differences of students critical thinking ability between the students who obtained PQ4R treatment and the students who were taught conventionally. The research design employed Posttest Only Control Group Design. The populations of this research were all grade VIII students at SMP-IT Shohwatul Is’ad in Pangkep with the total of 123 students from 4 classes. The sampling technique used was purposive sampling and obtained two classes, class VIIIA (experiment class) which obtained PQ4R method, and class VIIIB (control class) taught convensionally with the total of 32 students and 29 students respectively. The hypothesis test was conducted by using t-test analysis of two sides by using Microsoft Excel and SPSS version 20.0 for windows at the significant level of 5%. Prerequisite test analysis consisted of data normality test with Kolmogorov-Smirnov test and homogeneity test with F test where the data of this research was normally distributed and the data varian was homogeny. The results of the research reveal that (1) there are significant differences of physics learning results of grade VIII students who were taught by using PQ4R and the students taught convensionally at SMP-IT Shohwatul Is’ad in Pangkep, (2) there are significant differences of critical thinking ability of grade VIII students who were taught by using PQ4R and the students taught convensionally at SMP-IT Shohwatul Is’ad in Pangkep. Keywords: PQ4R learning method, learning result, critical thinking ability.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Nov 2017 01:23
Last Modified: 02 Nov 2017 01:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/3624

Actions (login required)

View Item View Item