PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MUSIK (VOKAL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX.A SMP NEGERI 1 DUAPITUE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

TIARA, TIARA (2024) PENERAPAN METODE REWARD AND PUNISHMENT DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA MUSIK (VOKAL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX.A SMP NEGERI 1 DUAPITUE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL TIARA - Tiara.pdf

Download (673kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di dalam pembelajaran seni budaya musik (vokal) dengan menggunakan metode reward and punishment atau penghargaan dan hukuman. Subjek penelitian ini meliputi siswa Kelas IX.A. SMP Negeri 1 Duapitue yang berjumlah 30 orang. Penelitian ini menggunakan model siklus dari Stephen Kemmis dan Mc Taggart yang meliputi tahap perencanaan, penerapan atau pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian, untuk analisis datanya menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan metode reward and punishment yang diaplikasikan kepada siswa Kelas IX.A. SMP Negeri 1 Duapitue diawali dengan pemberian teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan praktik. Setiap pertemuan dilakukan pemanasan vokal, olah napas dan latihan artikulasi sebelum melakukan praktik bernyanyi sebagai tahap akhir dari materi vokal. Pemberian reward pada siklus I berupa pujian dan penghormatan, sedangkan punishment berupa preventif dan represif. Sementara itu, pada siklus II reward ditingkatkan berupa hadiah dan tanda penghargaan, sedangkan pada punishment nya berupa preventif dan represif. Pada siklus II dilakukan pengawasan yang lebih ketat dibanding dengan siklus I. 2) Hasil penerapan metode reward and punishment memberikan dampak positif terhadap siswa. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata motivasi siswa di siklus I sebesar 63% dengan kategori baik dan mengalami peningkatan rata-rata motivasi pada siklus II sebesar 93% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Reward and Punishment pada siswa Kelas IX.A. SMP Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang dapat Meningkatkan Motivasi Belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya musik (vokal). Kata Kunci: Metode Reward and punishment, vokal, meningkatkan motivasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 05 Nov 2024 01:39
Last Modified: 05 Nov 2024 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/36237

Actions (login required)

View Item View Item